Ini Ragam Manfaat Melati Putih untuk Kesehatan

Bandung - TemanBaik, pasti tahu dong dengan bunga melati putih? Selain cantik dan harum, melati ini kaya banget manfaat bagi kesehatan, loh. Simak ulasannya, yuk!

Melati putih ini memiliki nama ilmiah Jasminum sambac L. Bunga ini merupakan bunga nasional Indonesia selain bunga anggrek bulan dan bunga padma raksasa alias Rafflesia arnoldi.

Kerap Dipakai untuk Upacara Tradisional
Di beberapa daerah di Indonesia, melatih putih ini memiliki makna atau arti tersendiri. Secara umum, melatih dianggap sebagai lambang kesucian, keanggunan, dan ketulusan.

Selain itu, bunganya yang berukuran kecil tapi harumnya semerbak ini juga melambangkan keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati. Penuh filosofi banget ya?

Dalam upacara adat Jawa, kuncup bunga melati biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan roncean melati untuk pembungkus konde pengantin wanita. Selain itu, melati juga kerap dipasangkan pada keris pengantin pria.

Dalam upacara adat Bugis di Makassar, bunga melati juga digunakan untuk menghiasi rambut rambut pengantin. Di luar Jawa dan Bali, ada banyak banget suku di Indonesia yang kerap menggunakan melati untuk dipakai dalam kegiatan yang berhubungan dengan adat atau tradisi.
Ciri Melati
Dilansir dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, tanaman melati memiliki ciri-ciri semak merambat hingga mencapai 2 meter. Selain itu, melati memiliki batang bulat berkayu dengan tinggi 0,3-3 meter bercabang dan berwarna coklat.

Daun melati berjenis tunggal, tangkai daun pendek dengan ukuran sekitar 5 mm dengan letak yang berhadapan. Helaian daunnya berbentuk bulat seperti telur hingga menjorong, ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata, tulang daunnya menyirip dengan ukuran 5-10 cm × 4–6 cm.

Perbungaan tanaman ini termasuk majemuk, tumbuh di ketiak daun, terbatas dengan jumlah tiga bunga atau sebuah tandan padat. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut seperti terompet berwarna putih dan berbau wangi. Memiliki buah mengkilap berwarna hitam dan dikelilingi kelopak.

Melati putih sendiri adalah spesies melati yang berasal dari Asia Selatan yang meliputi India, Myanmar, dan Sri Langka. Penyebaran tanaman ini dimulai dari Hindustan ke Indocina, lalu kepulauan Melayu, hingga akhirnya menyebar di Indonesia.

Manfaat untuk Kesehatan
Nah, sesuai dengan judul di atas, TemanBaik penasaran enggak dengan manfaat atau khasiat melati bagi kesehatan? Banyak banget loh hal baik dari melati ini jika dikonsumsi.

Berdasarkan hasil penelitian, melatih ternyata dapat mengobati nyeri otot, sakit sendi, sakit kepala, infeksi pernapasan, infeksi kulit dan antimikroba (sifat antiseptik), mengobati jerawat, radang mata, menghilangkan racun dalam tubuh, hingga menurunkan berat badan (teh atau ekstrak).

Melatih ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Ada yang gemar memakannya langsung, dikeringkan lebih dulu, jadi bahan campuran teh, hingga diesktrak. Namun, bagaimanapun penyajian melati ini, manfaatnya bisa didapatkan.

Foto: Dok. Ilustrasi Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler