Ingin Memulai Yoga? Jangan Terkecoh dengan Tiga Hal Ini Ya!

Bandung - TemanBaik, familiar dengan salah satu bidang olahraga yang bernama yoga, bukan? Atau bahkan ada TemanBaik yang sudah rutin melakukannya? Wah itu hal baik, karena yoga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki fokus pada kelenturan, kekuatan, hingga teknik pernapasan yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara fisik, namun juga mental. Ya, saat yoga ketenangan mu juga dilatih loh!

Namun seringkali yoga diidentikkan dengan olahraga yang hanya cocok untuk orang berbadan lentur karena beragam variasi gerakannya. Betul atau tidak ya?

Agar TemanBaik tidak bingung dan ragu untuk memulai yoga, ada bocoran nih dari Sheni Chen, seorang instruktur yoga, soal beberapa hal yang sebenarnya kurang tepat jika dikaitkan dengan yoga. Simak yuk!

Pertama, hanya untuk perempuan. Mungkin TemanBaik seringnya melihat penggemar yoga adalah para perempuan. Padahal sebenarnya, yoga tidak mengenal gender loh. Baik perempuan ataupun laki-laki boleh mengikutinya.

"Waktu itu ada teman saya, cowok, tanya boleh ikutan kelas yoga gak? Ya ayok. Di kelas saya juga suka jelasin kalau yoga untuk semua orang, semua gender, semua kalangan, dan bisa diakses oleh siapapun," ujar Sheni. 

Baca Ini Juga Yuk: Ini Ragam Manfaat Melati Putih untuk Kesehatan

Jadi mulai sekarang, apalagi untukmu yang bergender laki-laki, jangan malu lagi jika mau bergabung di kelas yoga ya!

Kedua, harus memiliki badan fleksibel. Ternyata jika ada yang bilang kalau yoga harus memiliki tubuh lentur, itu tidak tepat. Mengapa? Karena justru dengan yoga lah kita melatih kelenturan tubuh. 

"Kalau ngomong gak mau ikutan yoga karena gak lentur, kan ini mau belajar. Ini kita latihan untuk menjadi lentur dan kuat. Latihan untuk menyeimbangkan apa yang belum seimbang," terang Sheni.

Menurut Sheni sebetulnya dalam yoga setiap orang hanya berurusan dengan tubuhnya sendiri. Contohnya jika seseorang merasa kuat namun kaku dan tidak lentur, maka ia bisa berlatih gerakan fleksibilitas. Sebaliknya, jika ia merasa sudah lebih lentur namun kurang kuat, maka kekuatanlah yang akan dilatih. 

"Satu gerakan belum tentu bisa dilakukan sama semua orang. Lagi pula kalau gerakan itu gak bermanfaat untuk badan buat apa? Buat saya gerakan itu yang penting bermanfaat buat badan sendiri," tambah Sheni. 

Ketiga, hanya untuk usia tertentu. TemanBaik tahu tidak? Jika yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk berbagai usia loh. Bahkan saat ini sudah banyak instruktur yang membuka kelas yoga kids. Nantinya anak-anak akan diajarkan gerakan yoga sederhana sambil bercerita dan bermain.

Tidak hanya itu, yoga juga bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berusia lanjut, karena gerakan yoga sangat bisa untuk disesuaikan dengan kemampuan tubuh. 

"Kan gak harus gerakan ekstrim. Banyak opsi, bisa sambil duduk atau tiduran. Gerakan yoga bisa menyesuaikan saja sama kebutuhan tubuh," ujar Sheni.

Lantas, apa hal penting yang perlu dimiliki para pemula saat ingin mengikuti yoga? Sheni mengakui sebenarnya untuk memulai yoga kita hanya perlu niat dan kesiapan untuk mulai latihan. 

"Kita akan latihan mengenal badan dulu biar maksimal dan bisa memanfaatkan tempat yang hanya segede matras itu buat eksplor badan kita. Jadi memaksimalkan gerakan dengan space minimal," ujar Sheni. 

Selain itu TemanBaik juga perlu mengutamakan niat yoga untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Tidak perlu terburu-buru dan memaksa diri untuk bisa melakukan gerakan ekstrem ya. Tapi nikmati saja prosesnya dan terus berlatih!

Ternyata syarat awal untuk mengikuti yoga tidak sulit ya. Jadi, jangan ragu lagi ya! Yuk, biasakan diri untuk berolahraga. Siapa tahu yoga jadi salah satu yang cocok untukmu. 

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Damir Spanic

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler