Ragu-ragu Saat Ajarkan si Kecil Puasa? Simak Tips Berikut Ini

TemanBaik, terutama para orang tua yang beragama Islam, pasti ingin mengajarkan anaknya berpuasa, kan? Namun, orang tua bisa saja ragu mulai mengajak anaknya belajar berpuasa. Salah satunya karena mempertimbangkan usia si kecil.

Bandung - Berapa sih usia ideal anak bisa mulai belajar puasa? Secara umum, enggak ada patokan pasti kapan anak-anak boleh belajar berpuasa. Usia berapapun sebenarnya bisa berpuasa.

"Kalau dari sisi kesehatan, sebetulnya tidak ada patokan umur. Yang pasti (perlu dipertimbangkan) kecukupan energi, kecukupan gizinya," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip kepada BeritaBaik.id.

Meski begitu, orang tua disarankan bijak ketika mengajarkan si kecil berpuasa. Hal yang paling utama, tentu si kecil perlu makan sahur bergizi. Diimbangi dengan asupan multivitamin juga baik untuk si kecil.

Selain itu, usahakan hindari memaksa si kecil untuk tamat berpuasa selayaknya orang dewasa. Berikan si kecil keleluasaan atau fleksibilitas saat berpuasa. Apalagi jika si kecil baru awal-awal belajar berpuasa.

Jika si kecil misalnya hanya mampu berpuasa selama beberapa jam, biarkan dia berbuka puasa. Setelah itu, secara bertahap, orang tua bisa mengajak agar anak semakin meningkatkan durasi berpuasanya.

Baca Ini Juga Yuk: Ingin Memulai Yoga? Jangan Terkecoh dengan Tiga Hal Ini Ya!

Bahkan, ada loh yang mengajarkan anak-anak berpuasa dengan cara selang-seling. Caranya, misalnya anak berpuasa selama empat jam, setelah itu berbuka, kemudian melanjutkan kembali puasanya. Ini sih tergantung cara orang tua bagaimana mengajarkan si kecil berpuasa.

Anak juga sebaiknya disarankan melakukan aktivitas yang begitu menguras banyak energi. Sehingga, anak perlu diberi pemahaman sebelum berpuasa, tentunya dengan cara yang mudah dipahami mereka.

"Harus bertahap (mengajarkan anak berpuasa) dan dilihat juga kondisi anaknya. Anak-anak itu kan kadang enggak bisa diam ke sana-ke mari. Jangan sampai dia dehidrasi, apalagi sudah panas-panasan dipaksa harus puasa," jelas Rosye.

Sementara secara umum, berpuasa menurutnya baik bagi kesehatan. Tak hanya bagi orang dewasa, puasa juga baik untuk anak-anak. Jadi, enggak perlu ragu deh para orang tua untuk mengajarkan anaknya berpuasa.

"Yang harus kita pahami, saat puasa itu justru tubuh jauh lebih sehar. Karena tubuh itu membutuhkan waktu untuk beristirahat," ucapnya.

"Selama ini ketika tidak puasa, over sebetulnya tubuh itu, bekerjanya luar biasa untuk menerna makanan. Bahkan, banyak sekali kasus (penyakit) yang justru sembuh dengan puasa," tandas Rosye.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Danielle Macinnes
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler