Women Lead Forum 2021, Ciptakan Ruang Kerja Ramah Perempuan

Bandung - TemanBaik, seiring berjalannya waktu emansipasi wanita sepertinya juga terus berkembang. Salah satu buktinya adalah saat ini sudah banyak perempuan yang berkarir di luar rumah. Namun sebenarnya, sudahkah cukup dukungan untuk para perempuan berkarir?

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, saat ini dari 4,1 juta Aparatur Sipil Negara (ASN), 52 persen diisi oleh perempuan. Namun hanya sedikit yang berhasil menduduki jabatan struktural. Bahkan di jabatan tinggi madya, hanya 96 orang perempuan. Angka ini sangat jauh dibandingkan laki-laki yang berjumlah 483 orang.

Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat jika memang sudah lebih banyak perempuan yang dapat bekerja, namun masih sulit meningkatkan karirnya untuk menempati jabatan tinggi bahkan menjadi seorang pemimpin.

Magdalene.co dan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) menyelenggarakan Women Lead Forum 2021 (WLF) yang memberikan fokus untuk mendukung perempuan berkarir dan menjadi pemimpin di tempat kerja dengan tagar #KantorDukungPerempuan.


Dalam acara yang terselenggara 7 dan 8 April 2021 ini, Women Lead Forum 2021 menjadi acara puncak Magdalene.co dalam mendukung kepemimpinan dan karir perempuan. Berbagai pihak diundang untuk berpartisipasi dalam acara ini, mulai dari pemerintah, sektor swasta, hingga organisasi internasional.

Dari segi pemerintahan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengaku jika saat ini masih terjadi ketimpangan gender di kalangan pekerja indonesia. Seperti adanya ketimpangan partisipasi angkatan kerja (TPAK), kesenjangan upah, hingga perlakuan diskriminatif berbasis gender.

"Bagi perempuan pandemi juga memberi beban tambahan. Mulai dari hilangnya pekerjaan atau pendapatan, peningkatan beban pengurusan rumah tangga akibat bekerja dan bersekolah dari rumah, hingga kasus kekerasan dalam rumah tangga yang meningkat," tambah Ida.

Baca Ini Juga Yuk: Ragu-ragu Saat Ajarkan si Kecil Puasa? Simak Tips Berikut Ini

Tentu Ida dan Kementerian Ketenagakerjaan tak tinggal diam. Dalam pemaparannya pada Women Lead Forum 2021, Ida berkomitmen untuk terus melakukan gerakan nasional non-diskriminasi di tempat kerja.

Sebenarnya, mengapa kesetaraan gender di tempat kerja menjadi penting? Diakui oleh H. E. Allaster Cox, Deputy Head of Mission dari Kedutaan Besar Australia, bahwa kepemimpinan perempuan menjadi salah satu pendorong utama lahirnya kesetaraan gender dan memiliki pengaruh signifikan dalam pemulihan ekonomi di suatu negara.

Hal ini sejalan dengan adanya hasil riset dari studi Organisasi Buruh Indonesia (ILO) pada tahun 2020 yang menunjukkan bahwa 77 persen dari 416 perusahaan yang mengikuti survei menyatakan setuju bahwa keragaman gender meningkatkan kinerja bisnis mereka.

"Sudah saatnya perusahaan menerapkan budaya inklusif gender. Adanya acara WLF 2021 ini memberikan kesempatan bagi pekerja perempuan dan pelaku bisnis untuk berbagi harapan dan menerapkan budaya inklusif gender di tempat kerja," ujar direktur eksekutif IBCWE, Maya Juwita.

Namun tentu saja dukungan untuk perempuan berkarir juga perlu digaungkan oleh setiap perusahaan. Karena sebenarnya saat ini sudah banyak kebijakan yang mendukung pekerja perempuan, hanya saja implementasinya masih belum optimal.

Karena itu, Women Lead Forum 2021 juga bertujuan untuk menyatukan para pembuat kebijakan di lembaga pemerintahan, lembaga legislasi, hingga berbagai perusahaan.

"Perusahaan memiliki andil besar untuk merubah situasi ini. Women Lead Forum 2021 bertujuan menyatukan para pembuat kebijakan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar ada pembelajaran dan tercipta sinergi kuat untuk mencapai kesetaraan gender di tempat kerja," ujar Devi Asmarani, Pemimpin Redaksi Magdalene.co.

Wah ternyata adanya kesetaraan gender di tempat kerja dengan turut mendukung perempuan untuk berkarir penting sekali ya TemanBaik. Oh iya, kamu bisa turut menyaksikan Women Lead Forum 2021 loh, karena acara ini juga ditayangkan pada Youtube Magdalene ID.

Women Lead Forum 2021 akan mengangkat empat topik diskusi yaitu "Antara Tanggung Jawab Rumah Tangga dan Kesempatan Kerja", "Peran Perusahaan Mendukung Kesetaraan Gender di Tempat Kerja", "Normalisasi Kesetaraan Gender lewat Media", dan "Mendukung Kepemimpinan Perempuan: Kebijakan dan Perubahan Norma".

Tidak hanya itu, acara Women Lead Forum 2021 juga menghadirkan Ida Swasti untuk berbincang mengenai perempuan wirausaha muda, dan penampilan stand up comedy dari Sakdiyah Ma'ruf dan Ligwina Hananto. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!

Yuk ambil bagian dari menciptakan lingkungan kerja yang ramah perempuan, salah satunya dengan memberikan dukungan penuh untuk perempuan dalam berkarir. Sudahkah ada kesetaraan gender di tempat kerjamu, TemanBaik?

Foto: Tangkapan Layar Women Lead Forum 2021 / Irsya Kireina

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler