Ini Empat Hal yang Penting Dikelola Saat Berpuasa

Bandung - TemanBaik, sudah empat hari nih kita menjalankan ibadah puasa Ramadan. Nah, kalau kemarin di hari ketiga ada tiga fakta mengenai puasa Ramadan, hari ini kita punya empat hal yang penting kamu kelola saat Ramadan.

Topik ini dibahas dalam webinar UGM Update oleh Universitas Gadjah Mada. Webinar tersebut menghadirkan Dosen Gizi Kesehatan UGM, Erdwi Budiningsari SP., M.Kes., PhD. Dalam webinar itu dibahas seluk beluk tentang kesiapan fisik kita saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Nah, kembali lagi ke topiknya nih. Ada empat hal yang perlu kita kelola selama puasa Ramadan. Apa saja sih? Simak ulasannya yuk!

Pola Makan & Minum
Puasa Ramadan identik dengan menahan lapar dahaga seharian. Nah, akan tetapi bukan sekadar itu loh. Berpuasa saat bulan suci Ramadan bukan berarti kita mengurangi pola makan dan minum, namun justru mengatur keduanya agar sesuai porsi.

Kita enggak disarankan untuk melahap semua makanan yang ada saat momentum sahur dan berbuka. Sebab, hal terpenting adalah pola gizi seimbang yang masuk ke tubuh, bukan sekadar kuantitasnya saja. Jadi, jangan sampai kebablasan ya, TemanBaik!

Selain itu pola konsumsi air minum juga perlu ‘diakali’ agar tetap mencapai dua liter per harinya. Jumlah tersebut memang terlihat banyak, dan mungkin kita enggak akan kuat kalau harus minum dua liter air dalam satu kali minum.

Trik dari Dwi adalah dengan menggunakan pola 2-4-2. Dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas menjelang tidur malam. Bagaimana? Sudah kamu coba belum?

Baca Ini Juga Yuk: Ini 3 Fakta Tentang Kesehatan Saat Puasa yang Perlu Kamu Catat

Pola Istirahat

Harus bangun tengah malam untuk sahur, sedangkan siang harinya harus tetap bekerja atau menjalankan aktivitas seperti biasa? Wah, yang kamu perlukan untuk menyiasati agar tubuhmu enggak kelelahan adalah dengan mengatur pola istirahatmu.

Dwi menyarankan kamu untuk tidur cukup serta menghindari begadang. Dampak jangka pendek dari begadang memang hanya gangguan kantuk saja keesokan harinya. Namun, ada dampak buruk jangka panjang loh dari kebiasaan begadang ini.

"Istirahat yang cukup, jangan tidur larut malam," ujarnya.

Stres
Selama puasa Ramadan, penting untuk kita mengontrol stres dalam diri. Beberapa definisi menyebutkan, puasa adalah momen kita berlatih menahan hawa nafsu. Nah, hal ini bisa kita kaitkan dengan stres, yang boleh jadi tercipta karena hawa nafsu yang enggak kesampaian.

"Stres itu dapat menurunkan imunitas dalam tubuh," jelas Dwi.

Wah, bisa dibayangkan ya buruknya dampak stres untuk tubuh? Yuk, redam stres-mu, dan berusaha keras untuk berlatih mengontrolnya.

Kebersihan & Protokol Kesehatan
Karena puasa Ramadan edisi tahun ini masih berada dalam suasana pandemi, maka penting untuk kita menjaga kebersihan dan protokol kesehatan. Tujuannya selain menjaga diri kita dari potensi paparan virus, kita juga bisa melindungi orang-orang terdekat kita dari ancaman virus tersebut.

Walau kabarnya sudah ada vaksinasi, namun tetap jangan lepas masker saat beraktivitas sehari-hari ya. Apabila ada satu dan lain hal yang memaksa kita harus berinteraksi secara langsung, perhatikan betul protokol kesehatan ini agar kita selamat dari ancaman virus.

Jika diperhatikan lebih lanjut, momentum Ramadan bisa dijadikan ajang berlatih untuk menerapkan keempat hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, empat hal yang dijelaskan tadi bakal sangat menunjang kita untuk menjalani hari-hari dengan pola hidup bersih dan sehat.

TemanBaik, bagaimana puasa hari keempatnya? Semoga dilancarkan selalu, ya. Tetap semangat!

Ilustrasi: Flickr/Solwan Eldeeb

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler