Begini Pentingnya Sahur Saat Berpuasa

Bandung - TemanBaik, bisa dibilang sahur adalah kegiatan pengganti sarapan saat hendak menjalankan ibadah puasa. Jika biasanya sarapan dilakukan sekitar pukul 6 hingga 10 pagi, sahur dilakukan dini hari sebelum adzan subuh berkumandang.

Sayangnya, godaan rasa kantuk seringkali menggoda kita untuk melewatkan waktu sahur dengan memilih bangun menjelang adzan subuh dan hanya menyempatkan minum segelas air putih. Siapa di antara TemanBaik yang seperti itu?

Sebenarnya peran sahur sangat penting loh untuk mempersiapkan tubuh kita sebelum tidak makan dan minum selama berpuasa. Sederhananya sahur bermanfaat agar badan tetap fit selama berpuasa. 

Seperti yang disampaikan oleh dr. Farhan M dalam konten TikTok @farhanzubedi, sahur membuat kita terhindar dari kemungkinan letargi atau kondisi saat seseorang kekurangan energi, lemas, hingga sulit berkonsentrasi.

Baca Ini Juga Yuk: Asal-usul 'Ngabuburit', Istilah yang Identik saat Ramadan

Tidak hanya itu, ketika kita melewatkan sahur kemungkinan asam lambung naik dan menyebabkan penyakit mag akan lebih besar. Lalu gula darah dalam tubuh pun bisa rendah dan menyebabkan lemas. Apalagi jika melewatkan minum air putih, bisa-bisa tubuh kita dehidrasi. 

Wah ternyata banyak sekali ya TemanBaik kerugian yang tubuh kita alami saat mengabaikan sahur. Apalagi sebenarnya sahur saat berpuasa merupakan sunnah rasul yang dianjurkan loh!

Sudah tahu soal pentingnya sahur, bukan berarti kita boleh sahur asal-asalan ya!  Dikutip dari laman Instagram St. Stamford Modern Hospital @infokanker, ada tips sahur nih untuk TemanBaik. 

Agar sahur dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, TemanBaik bisa tetap menjaga asupan gizi seimbang dan mengutamakan protein dan karbohidrat.

Selain itu saat sahur baiknya menghindari makanan yang mengandung banyak minyak, gorengan, atau bersantan. Nikmati makan sahur namun tidak dengan makan berlebihan dan cukup minum air putih. 

Jadi sebaiknya kita tidak bermalas-malasan dan mengabaikan waktu sahur ya, TemanBaik. Jangan sampai niat untuk beribadah puasa justru terganggu karena tubuh kita lemas dan tidak fit!

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Louis Hansel

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler