Rekomendasi Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Bandung - TemanBaik, rasanya kurang lengkap jika buka puasa tanpa menu khas berbuka yang biasanya kita sebut takjil. Beragam jenis takjil dapat menjadi pilihan, seperti kurma, kolak, gorengan, es teh manis, es buah, es kelapa, dan masih banyak lagi. 

Takjil yang identik dengan makanan manis, ringan, dan bahkan menyegarkan rasanya pas untuk mengembalikan energi dan semangat setelah berpuasa, bukan? 

Tapi tak ada salahnya loh jika TemanBaik menyiapkan menu yang sehat sebagai hidangan takjil. Tidak hanya fokus pada makanan yang manis, tapi juga memiliki gizi yang baik untuk tubuh. 

Dilansir dari laman Hallosehat ada lima rekomendasi menu takjil sehat yang tak boleh terlewatkan untuk dicoba nih, TemanBaik!

Pertama, smoothies buah. Biasanya smoothies merupakan minuman yang terbuat dari potongan buah segar yang diblender dengan yogurt atau susu. Buah yang digunakan bisa menyesuaikan dengan selera pembuatnya, bahkan tak jarang ada yang menambahkan sayuran. 

Buah yang sudah memiliki rasa manis membuat kita cukup menambahkan sedikit gula atau bahkan tidak sama sekali. Jadi kandungan gula dalam takjilmu tidak tinggi, TemanBaik. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan yogurt atau susu rendah lemak agar smoothies buah menjadi lebih sehat lagi loh. 

Rupanya mengkonsumsi smoothies buah pada saat berbuka memiliki keunggulan dibanding jus biasa. Kandungan serat yang tinggi pada smoothies dapat membantu menghilangkan rasa haus dan lapar. 

Baca Ini Juga Yuk: Jemunak, Makanan Khas Ramadan dari Gunungpring Muntilan

Kedua, kolak pisang tanpa santan. Dari waktu ke waktu rasanya kolak menjadi salah satu jenis takjil yang banyak digemari. Nah, untuk TemanBaik yang ingin makan kolak namun hendak mengurangi atau enggan mengkonsumsi santan, kamu bisa menggantinya dengan susu.

Ketiga, lumpia buah basah. Sama seperti lumpia pada umumnya hanya saja untuk pilihan menu ini kamu bisa mengganti isinya dengan buah-buahan seperti mangga, kiwi, naga, stroberi, dan masih buah lainnya sesuai selera.

Tidak mau kehilangan sensasi renyah saat menggigit kulit lumpia? Cobalah gunakan teknik memasak dengan memanggang. Hal ini dapat membuatmu tetap dapat mengkonsumsi lumpia yang renyah tanpa harus menggunakan banyak minyak. 

Keempat, puding buah. Dinginnya puding dikombinasikan dengan buah segar rasanya menjadi menu takjil yang menggiurkan nih, TemanBaik!

Cara membuatnya juga mudah loh, kamu hanya perlu membuat puding dari bubuk agar-agar tawar dengan sedikit gula. Kemudian setelah matang, tuangkan larutan agar-agar ke dalam wadah berisi potongan buat favoritmu dan dinginkan hingga mengeras. 

Agar lebih enak lagi, kamu juga dapat membuat vla sendiri dengan mencampur kuning telur, vanili, sedikit gula, dan susu rendah lemak. 

Kelima, es buah. Biasanya es buah menggunakan campuran sirup hingga susu kental manis untuk menambah rasa manis di dalamnya. 

Tapi ada alternatif lain agar es buah lebih sehat nih. Kamu bisa membuat kuah es buah dengan campuran air, perasan lemon, dan madu sesuai selera. Jangan lupa masukan berbagai jenis buah dan dinginkan agar lebih menyegarkan ketika disantap saat berbuka puasa ya, TemanBaik!

Wah ternyata rekomendasi menu takjil sehat tak kalah menarik ya. Selain itu takjil yang sehat tentu tidak hanya membuat energi bertambah dan menyegarkan untuk tubuh, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan loh.

Jadi, apa menu takjil pilihan TemanBaik untuk berbuka puasa nanti? 

Foto: Ilustrasi Unsplash/ Brenda Godinez

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler