Meminta Maaf Lewat Grup WhatsApp, Tepat Enggak Ya?

Bandung - TemanBaik, sudah mulai siap menerima banyak pesan berantai atau melalui grup aplikasi percakapan mulai hari ini, besok, dan beberapa hari ke depan? Isinya adalah permintaan maaf yang dikemas dengan berbagai gaya.

Biasanya, ada yang meminta maaf dengan gaya bahasa puitis, penuh canda, memakai bahasa daerah hingga bahasa asing, hingga mengirim foto berisi tulisan permohonan maaf. Suka-suka orangnya deh biasanya mau menyampaikan permohonaan maaf saat Lebaran dengan cara bagaimana.

Saling bermaaf-maafan ini tentu jadi hal lumrah ketika merayakan Idulfitri atau Lebaran. Cara meminta maaf pun beragam, mulai dari salaman saat bertemu langsung, lewat pesan singkat, melalui broadcast messenger, sambungan telepon, hingga video call.

Tapi, minta maaf melalui broadcast messenger atau pesan berantai, misalnya melalui WhatsApp, tentu jadi perhatian tersendiri. Itu loh pesan yang sekali kirim bisa diterima banyak orang.

Baca Ini Juga Yuk: Seni Memaafkan, Mengubah Rasa Sakit Jadi Lapang Hati

Ada juga yang minta maaf dengan cara enggak mau ribet, yaitu melalui grup aplikasi percakapan. Sehingga, sekali kirim, pesan itu ditujukan bagi semua anggota grup. Bagus enggak sih cara minta maaf seperti itu?

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Bandung, Hilman Miftahurojak, mengatakan idealnya minta maaf dilakukan secara langsung pada orang yang dituju. Tapi bagaimana jika melalui pesan singkat atau aplikasi percakapan?

Ini boleh kok dilakukan. Namun, lebih disarankan menyampaikannya secara langsung alias melalui percakapan privat. Hal ini agar permintaan maaf terasa lebih personal dan afdal.

"Saran saya kalau mau, japri. Kalau memang sudah dijapri takut ada yang lupa (belum menyampaikan permintaam maaf), baru melakukannya di grup," kata Hilman.

Dibanding pesan singkat atau melalui grup, menelepon yang bersangkutan juga lebih baik. Sebab, berbincang secara lisan dan tulisan jelas akan terasa berbeda. Minta maaf pun akan lebih terasa sempurna ketika enggak bisa bertemu secara fisik.

Minta maaf lewat panggilan video juga lebih disarankan daripada minta maaf lewat grup. Sebab, satu sama lain bisa saling menatap meski melalui layar ponsel. Jadi, pilih cara minta maaf yang mana nih, TemanBaik?

Foto: Ilustrasi Unsplash/Adem Ay
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler