Gerakan "Ajaib" Mengatasi Bungkuk karena Sering Duduk

Bandung - TemanBaik, tentu enggak mau kan jika tubuhmu bungkuk? Salah satu penyebab yang membuat bungkuk ini adalah terlalu banyak duduk. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan dan gaya hidup. Misalnya terlalu banyak duduk di depan layar komputer.

Jika ini terus dibiarkan, ada potensi bentuk dan postur tubuh kamu berubah, loh! Selain berubah, postur tubuh yang kurang baik ini dapat mengakibatkan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Terlalu banyak melihat gawai pun dapat mengubah postur tubuh menjadi kurang baik. Hal ini disebut dengan smartphone syndrome.

Untuk memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik, ada beberapa cara dan gerakan 'ajaib' yang bisa dilakukan TemanBaik. Cara ini disampaikan pada seminar daring yang digelar Rumah Sakit Harapan Bunda Jakarta dengan tema 'Kenali Potensi Bahaya Nyeri Pada Leher & Pundak dan Bagaimana Mengatasinya' pada Sabtu (5/6/2021).

Menurut dr. Christa A. Tenges, Sp.KFR, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi , cara dan gerakan ini cukup mudah dilakukan di rumah, bahkan sambil melakukan kegiatan sehari-hari. Gerakan yang pertama forward shape.

Baca Ini Juga Yuk: Kebiasaan Baik Bangun Pagi Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat Loh!

Gerakan ini dilakukan sambil melihat cermin. Perhatikan kepala TemanBaik, agak maju ke depan atau enggak jika dibandingkan badan? Jika agak maju, bisa dilatih dengan tangan disimpan di dagu, leher tetap lurus, lalu dagu ditarik ke belakang hingga enam detik, ulang hingga tiga hingga lima kali.

"Setiap hari aja dikerjakan seperti itu, akan sangat membantu," tutur Christa.

Cara selanjutnya adalah gerakan shoulder squeeze. Yang pertama dilakukan adalah duduk atau berdiri tegak, tangan dikepal di samping, lalu bahu ditarik ke belakang seperti gerakan menjepit, tahan hingga enam detik.

"Kenapa kita harus tekan minimal untuk enam detik? Supaya ada waktu untuk otot itu kontraksi, jadi ada penguatan di belakang (punggung) situ," jelas Christa.
Gerakan yang perlu dilakukan berikutnya adalah menengok serong ke kiri dan kanan. Setelah menengok, gerakkan kepala ke belakang dan tahan hingga enam detik. Lakukan gerakan selanjutnya. Gerakan ini seperti gerakan peregangan sebelum melakukan olahraga. Caranya, miringkan kepala ke kiri dan kanan, tahan enam hingga 10 detik.

Selanjutnya adalah melakukan gerakan wing span, yaitu menarik tangan kanan ke bagian belakang atas tubuh, lalu menarik tangan kiri ke bagian belakang bawah tubuh. Lakukan dengan posisi bergantian, lalu tahan hingga 10 detik.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Bukti Bahayanya Kecanduan Gawai di Kalangan Remaja & Anak

"Kalau tangannya bisa ketemu, artinya, ya oke lah cukup. Tapi kalau enggak bisa ketemu, artinya sudah ada yang harus diperbaiki," tambah Christa.

Gerakan penutupnya adalah memutar leher ke kiri dan kanan. Lakukan ini pelan-pelan. Coba deh praktikkan sendiri semua gerakan di atas dan rasakan khasiatnya. Seluruh gerakan di atas disarankan dikerjakan pagi dan sore hari agar bentuk tubuh dapat kembali ke bentuk maksimal.

Nah, TemanBaik dapat mencoba gerakan-gerakan ini di rumah, ya. Bahkan, gerakan ini bisa dilakukan di waktu senggang, misalnya ketika di sekolah, kampus, maupun tempat kerja. Selamat mencoba, TemanBaik!



Foto: Ilustrasi (Pexels)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler