Yuk! Cintai Laut dengan 5 Cara Ini

Bandung - TemanBaik, 8 Juni ini diperingati sebagai World Ocean Day alias Hari Laut Sedunia? Tanggal ini jadi momentum tepat bagi kita semua untuk melakukan refleksi dan menumbuhkan semangat melestarikan laut.

Sebelum disahkan PBB sebagai perayaan pada tahun 2008, Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap 8 Juni sejak 1992. Hari Laut Sedunia adalah bentuk penghargaan bagi sumber daya kehidupan yang berasal dari laut. Sebab, selain keindahannya bisa dinikmati, laut di dunia ini punya sumber daya yang bisa menopang kehidupan kita.

Situs resmi PBB memaparkan data bahwa 70 persen lautan menutupi planet bumi. Lautan juga menyumbang 50 persen oksigen untuk planet ini. Selain itu, laut pun berperan sebagai rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati bumi dan menjadi sumber protein bagi miliaran orang di bumi. Laut juga diakui sebagai kunci ekonomi. Sebab, industri kelautan di dunia ini melibatkan puluhan juta orang yang bekerja di dalamnya.

Akan tetapi, di balik segala manfaat besarnya, hari ini laut membutuhkan dukungan kita. Alasannya, data menunjukkan 90 persen populasi ikan besar telah habis dan 50 persen terumbu karang sudah hancur. Salah satu penyebabnya karena pola hidup manusia yang lebih banyak mengambil daripada 'mengisi ulang'.

Berkaca dari data itu, semangat 'mengisi ulang' dan menciptakan keseimbangan baru bagi kehidupan laut mulai ramai digaungkan. Tujuannya agar laut terlindungi dan kembali menghasilkan manfaat seperti sediakala.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenali Lebih Dekat Ekosistem Air & Potensi Kelautan Indonesia

"Kita harus membangun koneksi ke laut yang inklusif, inovatif, dan diinformasikan oleh pelajaran dari masa lalu," begitu bunyi ajakan dalam situs resmi PBB.

Peringatan Hari Laut Sedunia sendiri selalu mengambil tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada Hari Laut Sedunia 2021 ini, tema yang diusung adalah 'The Ocean: Life and Livelihoods' yang berarti lautan, kehidupan, dan mata pencaharian.

Melalui tema itu, publik diajak untuk menatap tantangan saat ini, yakni melakukan pembangunan berkelanjutan, pelestarian dan pemanfaatan laut, serta sumber daya kelautan secara berkelanjutan pada tahun 2030. Masih ada 9 tahun waktu dari hari ini untuk sampai ke dekade tersebut.

Sebagai pengingat buat kita semua, kita bisa berpartisipasi dalam Hari Laut Sedunia dengan melakukan beberapa #AksiBaik. Situs Blue Ocean Network menyebut, setidaknya ada lima #AksiBaik yang bisa kita lakukan mulai hari ini. Apa saja?

1. Tekan Penggunaan Energi Karbon
Penggunan mobil atau kendaraan pribadi sangat memengaruhi perubahan iklim di laut. Oleh karenanya, jika kebutuhan ini masih bisa ditekan, akan lebih baik untuk menekannya. Selain itu, kita juga bisa melakukan #AksiBaik ini untuk menyimpan energi, seperti lebih memilih naik tangga daripada lift, mematikan komputer, dan gunakan kipas angin untuk menghindari pengaturan termostat yang berlebihan.

2. Pilih Makanan Laut Sehat dan Berkelanjutan
Seperti disebutkan di atas, sebanyak 90 persen populasi ikan habis karena kebutuhan manusia. Maka dari itu, saat berbelanja atau makan di luar, yuk kita bantu kurangi permintaan spesies yang dieksploitasi berlebihan dengan memilih makanan laut yang menyehatkan dan berkelanjutan.

3. Diet Plastik
Walau terdengar sulit, tapi hal ini bisa diupayakan, loh. Beberapa #AksiBaik mulai dari membawa botol minum sendiri hingga membawa kantong belanja yang bisa digunakan berulang kali. Beberapa kebiasaan kecil seperti ini bisa membantu upaya diet plastik. Sebab, penggunaan plastik berlebihan saat ini bisa disebut memprihatinkan dan mengancam ekosistem di laut.

4. Bantu Jaga Pantai
Menjaga pantai bisa dilakukan dengan menjaga kebersihannya saat kita berkunjung. Selain itu, kita juga harus menjaga satwa dan habitat yang hidup di sana. Jadi, jangan diganggu, ya!

5. Hindari Beli Barang Hasil Ekpsloitasi Laut
Produk tertentu boleh jadi berkontribusi pada perusakan terumbu karang dan populasi laut yang rapuh. Maka dari itu, #AksiBaik seperti menyetop membeli barang-barang hasil eksploitasi laut sebaiknya dilakukan. Seperti perhiasan karang, aksesoris rambut kulit penyu (terbuat dari penyu sisik), dan produk dari hiu. Hal ini bisa jadi langkah awal kita menjaga laut.

TemanBaik, mungkin kita enggak harus menjadi sesuatu yang besar untuk menjaga laut. Akan tetapi, kebiasaan atau hal kecil bisa yang dimulai dari diri sendiri akan lebih baik jika dilakukan terlebih dulu. Setelah kita sadar dan kesadarannya ditularkan ke orang terdekat, lingkaran kecil ini lama-lama akan menjadi besar dan akhirnya diharapkan akan banyak orang yang sadar.

Yuk, imbangi kegemaran atau kecanduan kita akan indahnya laut dengan menjaga populasi mereka. Selamat Hari Laut Sedunia!

Ilustrasi: Rayhadi Shadiq/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler