Jangan Panik, Ini yang Sebaiknya Kamu Lakukan Jika Digigit Ular

Bandung - TemanBaik, apakah ada yang pernah mengalami digigit ular? Pasti semua orang langsung takut dan ngeri kalau berbicara tentang ular. Biasanya tergigit ular terjadi ketika sedang berkemah di hutan, atau sedang melakukan kegiatan naik gunung. Tapi kalau sampai terjadi di rumah, apa ya yang harus dilakukan?

Tentu, tak setiap orang punya pengetahuan yang baik tentang cara mengatasi gigitan ular. Apalagi munculnya ular di rumah sangat sulit diprediksi. Nah, ada edukasi menarik nih dari Dr. dr. Tri Maharani, M.Si. Sp.EM, penasihat WHO untuk gigitan ular dan juga presiden dari Indonesia Toxinology.

Ia berbagi tentang cara mengatasi gigitan ular di rumah pada seminar daring yang diadakan oleh Travelxism dengan judul “Safety Tourism: Pertolongan Pertama pada Gigitan Ular” pada Sabtu, (12/6).

Baca Ini Juga Yuk: Ini Bahaya Lidah Tertelan dan Cara Mengatasinya

Pertama yang harus dilakukan ketika terjadi gigitan ular di rumah tentunya jangan panik. Tenangkan diri dan anggota keluarga lain, terutama yang terkena gigitan ular. Lalu jangan lakukan pertolongan pertama yang salah, seperti diikat secara kuat, disedot dengan mulut, atau pengobatan lain yang kurang jelas.

"Kalau itu terjadi di rumah otomatis kita tidak boleh panik, kemudian jangan lakukan pertolongan awal yang salah, misalnya diikat tadi, disedot, menggunakan pengobatan tradisional yang tidak jelas, dimana konsepnya tentu saja bukan limfogen tapi hematogen, dan hematogen pun adalah hematogen yang salah," jelas Maha.

Selanjutnya, segera bawa korban tergigit ke pelayanan kesehatan secepatnya. Karena, bila terlambat dapat berbahaya. Selain itu jangan lupa hubungi nomor darurat pelayanan kesehatan.

 Lalu, untuk membantu proses pengobatan pada korban tergigit ular, segera foto ular tersebut atau bila sudah mati dapat membawa ular tersebut ke pelayanan kesehatan. Hal ini cukup penting karena dapat mengetahui apakah ular yang menggigit tersebut beracun atau tidak.

Bila ular sudah kabur, tidak perlu dikejar dan memaksakan untuk difoto, karena malah akan muncul resiko tergigit dan muncul korban lainnya, Bila tidak sempat, coba mengingat ciri-ciri dari ular tersebut dan menjelaskannya serinci mungkin pada petugas layanan kesehatan.

Tentunya dengan hasil identifikasi tersebut, petugas dapat memberikan penawar racun yang tepat. Sehingga korban tergigit ular dapat ditangani dengan segera.

"Jangan lupa kalau kita bisa memfoto ularnya kita foto, kalau misalnya ularnya sudah dimatikan kita bawa spesimennya, tetapi kalau ularnya lari jangan kita kejar, karena nanti kita justru bisa tergigit oleh ular tadi," tutur Maha.

Nah, TemanBaik sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi gigitan ular di rumah. Yang utama tentunya jangan panik dan tetap tenang. Segera hubungi layanan kesehatan, dan bantu identifikasi ular yang menggigit. Ular tidak akan muncul dengan tiba-tiba, biasanya ular muncul di rumah karena ada pengolahan sampah makanan yang kurang baik. Tetap hati-hati dengan ular ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Samia Liamani

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler