Begini Cara Pakai Dobel Masker untuk Cegah Varian Delta

Bandung - TemanBaik, saat ini pandemi COVID-19 belum kunjung berakhir. Bahkan, belakangan ini di beberapa daerah sudah mulai ditemukan COVID-19 varian Delta.

Varian ini merupakan hasil mutasi COVID-19 dari varian sebelumnya. Hal yang berbahaya dari varian Delta salah satunya adalah kemampuan penularannya yang lebih tinggi.

Kehadiran varian Delta ini pun menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Sebab, tentu siapapun tak mau terpapar dan menularkannya pada orang lain. Sehingga, warga kini mulai banyak yang memakai masker ganda, yaitu masker media dilapis masker kain di bagian luarnya.

"Sekarang memang banyak orang yang memakai masker dobel karena secara psikologis khawatir terpapar," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung Yorisa Sativa, Kamis (24/6/2021).

Baca Ini Juga Yuk: Ini Tiga Vitamin Penting buat Imun Tubuh yang Perlu Kita Konsumsi

Penggunaan masker ganda ini cukup efektif sebagai salah satu cara menangkal COVID-19. Tak hanya untuk varian Delta, masker ganda ini cukup efektif menangkal COVID-19 varian apapun.

Namun, penggunaan masker ganda ini menurutnya bukan hal wajib alias hanya pilihan. Hal yang wajib saat ini dipakai adalah penggunaan masker medis atau masker bedah.

"Masker itu rekomendasinya masker bedah. Karena masker bedah itu terdiri dari tiga lapis, itu bisa menapis sampai 70 persen jika penggunaannya benar," jelas Yorisa.

Jika ingin menggunakan masker ganda, yang tepat adalah masker bedah ditambah masker kain. Jadi bukan masker bedah ditambah masker bedah atau masker kain dengan masker kain, ya!

Nah, untuk penggunaan masker ini, rajin menggantinya tetap perlu dilakukan. Empat jam sekali, masker wajib diganti dengan masker baru. Jadi, bukan berarti masker ganda bisa dipakai seharian, ya.

"Diusahakan masker itu jangan dipakai pagi sampai sore karena itu daya tolaknya akan minim (berkurang). Minimal dua kali sehari untuk penggunaan masker," ucap Yorisa.

Hal itu karena masker akan lembap ketika dipasang di area mulut. Sehingga, lama-kelamaan kekuatannya bakal terus berkurang. Jadi, jangan lupa bawa masker cadangan jika bepergian atau beraktivitas. Selain itu, tetap jalankan protokol kesehatan lainnya dengan disiplin, ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Kai Pilger
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler