Ini Tiga Vitamin Penting Buat Imun Tubuh yang Perlu Kita Konsumsi

Bandung - TemanBaik, sudah hampir seminggu kita dianjurkan berkegiatan dari rumah akibat melonjaknya angka penyebaran virus korona. Selain berkegiatan dari rumah, kita juga dianjurkan menjaga asupan dan imun tubuh.

Seperti kita ketahui, perang melawan virus korona bisa dimenangkan saat imun dalam tubuh yang digunakan buat memerangi virusnya lebih kuat. Maka dari itu, menjaga asupan ke dalam tubuh diyakini jadi cara ampuh.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang agar terhindar dari serangan bakteri dan virus adalah menjaga daya tahan tubuh tetap bugar dan prima dengan mengonsumsi suplemen kesehatan dan obat herbal," ujar Dr.(Cand) dr. Telly Kamelia, SpPD, KP, FINASIM, FACP, FCCP dari Divisi Pulmonologi Depertemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

Untuk mencapai kondisi tersebut, diperlukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin. Barangkali dalam beberapa bulan ke belakang, #KebiasaanBaik mulai terlupakan karena situasi di sekitar kita sempat nampak relatif membaik, oleh karenanya, kita coba mengingatkan lagi nih buat kamu, utamanya yang masih bingung harus mengonsumsi vitamin apa untuk menjaga kebugaran tubuh.

Setidaknya, ada tiga jenis vitamin yang perlu kita konsumsi untuk menguatkan imun, sehingga bisa "berperang" melawan virus. Apa saja sih ketiganya dan bagaimana caranya agar kita bisa mengonsumsinya, ya?

Vitamin C
Sepekan ke belakang, Vitamin C seolah jadi primadona di toko obat atau apotik-apotik terdekat. Stoknya ludes terjual. Kalaupun ada, jumlahnya relatif terbatas.

Ya, selain populer, vitamin C juga disebut sebagai salah satu penguat daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C bisa membuat kamu gampang sakit dan gampang terserang virus dari luar tubuh.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Pahami Gejala Stres untuk Bantu Cegah Bunuh Diri 

Vitamin C juga relatif gampang ditemui, baik dalam bentuk obat di apotek, atau dalam buah-buahan atau sayuran yang boleh jadi merupakan makanan kesukaan kiita. Beberapa buah di antaranya: jeruk, stroberi, pepaya, bayam, atau kangkung.

Kemudahan mendapatkan vitamin C dalam makanan ini membuat kamu sepertinya enggak perlu lagi mengonsumsi vitamin C dalam bentuk obat selagi asupan makanan yang mengandung vitamin C tadi tergolong cukup. Namun, lain cerita jika kamu dianjurkan mengonsumsinya oleh dokter. 

Vitamin B6
Vitamin B6 bisa kamu jumpai dari berbagai jenis makanan, mulai dari ayam hingga ikan laut seperti salmon. Namun, bagaimana jika kamu adalah seorang vegan atau bukan pemakan daging? Tenang saja, kandungan vitamin ini bisa didapat dari aneka sayuran hijau seperti buncis misalnya.

Kandungan vitamin B6 ini juga disebut penting. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin B6 juga mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh.

Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Jenis makanan ini bisa kamu temui di berbagai varian kacang-kacangan seperti kacang almond atau kacang hazel. Jika kamu pecinta buah, coba jajal buah alpukat atau kiwi deh. Sebab, kedua buah tadi punya kandungan vitamin E yang tinggi juga.

Sebagai catatan juga, konsumsi vitamin untuk mencegah tubuh dari paparan virus ini sebaiknya dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari kita. Sebab, beberapa sumber menyebut konsumsi vitamin dari bentuk suplemen justru memilki efek samping buat tubuh kita. Jadi, lebih baik kita geser alokasi jajan kita untuk membeli bahan baku makanan yang kaya akan vitamin tersebut, yuk!

Jika sudah mengonsumsi vitamin, upaya lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan mematuhi anjuran protokol kesehatan. Kalau merasa disiplinmu sudah mulai mengendur, yuk, semangat lagi! Sebab, dengan upaya-upaya kecil tersebut, wabah ini bisa segera berakhir dan kita bisa hidup normal seperti sediakala.

Jaga kondisi dan semoga sehat selalu ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Engin Akyurt

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler