Yuk! Jalani Hidup Sehat Bersama Anak di Rumah dengan Cara Ini

Bandung - TemanBaik, selama pandemi ini kesehatan menjadi perhatian utama. Hidup sehat selama pandemi harus diperhatikan dan dijaga, terutama imunitas bagi anak-anak. Lalu sebenarnya, apa saja sih faktor-faktor yang harus dihindari untuk bisa menjaga kesehatan anak selama pandemi?

Faktor-faktor ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal loh, TemanBaik. Ada dari intra individu, antar individu, lingkungan, dan juga kebijakan. Hal ini disampaikan oleh Renata M. Putri S.Pd, M.A., peneliti dan konsultan Sport for Development pada sebuah seminar daring yang diadakan oleh Direktorat Sekolah Dasar dengan judul 'Gerak Lagi, Yuk! Peningkatan Kesadaran Gerak Sehat di Masa Pandemi' beberapa waktu lalu.

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah faktor intra individu si anak. Faktor ini artinya adalah faktor dari diri sendiri. Pertama adalah tidak termotivasi untuk berkegiatan fisik, kesehatan mental yang sedang menurun, dan juga susah tidur atau jadwal tidur terganggu.

Semua faktor tersebut harus dihindari dan dimulai dari dalam diri sendiri. Karena dasar untuk hidup sehat semuanya dimulai dari diri sendiri.

"Faktor penghambat gaya hidup sehat juga selama ini anak-anaknya jadi kurang termotivasi untuk berkegiatan fisik, jadwal tidur juga akhirnya terganggu karena kemungkinan kedua orang tuanya juga kerja dari rumah, jadi anaknya hanya dikasih handphone saja," tutur Renata.



Baca Ini Juga Yuk: Teledentistry, Solusi Kesehatan Gigi dan Mulut di Tengah Pandemi

Lalu faktor selanjutnya adalah faktor antar individu. Hal seperti orang tua yang kehilangan pekerjaan dan kurangnya sosialiasi dengan sebaya dapat membuat anak terhambat gaya hidup sehatnya selama pandemi.

"Saya juga jujur sih saat saya dan suami saya harus sibuk, anak kita suguhin handphone dulu ya nak, nanti mainnya sama mamah setelah kerja gitu," tambah Renata.

Setelah itu, faktor lingkungan juga bisa memengaruhi anak dalam hidup sehat selama pandemi. Faktor lingkungan ini adalah jaga jarak sosial dan waktu bermain di luar yang berkurang, sehingga waktu bermain gawai bertambah.

Tentu harus kebanyakan di rumah saja membuat anak juga menjadi malas untuk beraktivitas. Orang tua sebaiknya menjadwalkan olahraga pagi bersama anak, selain dapat meningkatkan imunitas anak, juga imunitas orang tua. Anak juga akan ikut senang karena bisa bermain bersama orang tua.

Terakhir adalah faktor kebijakan. Jadwal sekolah yang terganggu atau kurang baik, dan kebijakan tempat kerja orang tua yang kurang kondusif dengan pengasuhan anak. Bagaimanapun ada baiknya membuat jadwal khusus dalam mengasuh anak, terutama urusan berolahraga dan kesehatan.

Sesuaikan juga dengan waktu kerja di rumah. Selain anak menjadi banyak bergerak karena beraktivitas, orang tua juga bisa tetap mengasuh anak sebaik mungkin. Meski anak-anak akan bosan beberapa kali, coba hadirkan berbagai variasi dalam aktivitas yang kerjakan di rumah.

TemanBaik bisa mencoba memanfaatkan konten-konten olahraga bersama anak di YouTube atau juga media sosial lainnya. Jangan lupa selalu ingatkan anak untuk tidak terlalu sering bermain gawai. Atau bahkan gunakan gawai tersebut untuk membantu dalam melakukan aktivitas kesehatan sehari-hari.

Semoga TemanBaik bisa menghindari faktor-faktor ini, ya. Selain anak-anak, TemanBaik yang sudah dewasa juga bisa menggunakan faktor-faktor ini sebagai acuan hidup sehat selama masa pandemi ini. Tetap jaga kesehatan ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Kelly Sikkema

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler