Menjaga Kesadaran Diri dengan Seni & Sadar Napas

Bandung - TemanBaik, pandemi yang masih bergulir tentu bikin sebagian dari kita sulit menemukan lagi kondisi terbaik. Jangan putus asa, kita masih punya jalan menuju kemenangan!

Salah satu cara yang bisa dicoba di rumah agar tetap 'waras' dalam situasi belum baik-baik saja ini adalah melakukan mindfullness art. Terapi melatih kesadaran diri berbasis seni ini diperagakan langsung Tita Djumaryo, pendiri Yayasan Ganara Mariberbagi Seni dalam acara Relung Bersama yang diinisiasi #JejaringMenangBersama.

Dalam mindfullness art ini, setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan. Pertama, kamu bisa mewarnai gambar dengan pola sederhana. Sebagai referensi, kamu bisa melihat pola mandala. Mewarnai pola sederhana ini bisa membuat kamu lebih fokus dan melatih kebiasaan mindfullness, serta mengurangi kecemasan. Menarik juga, ya!

Selanjutnya, kamu bisa menghias benda yang ada di rumah. Konsepnya sesederhana mengubah benda polos dan terlihat membosankan di rumah, menjadi benda yang menarik dan terlihat baru.

Misalnya nih, di rumahmu ada pot bunga, kamu bisa mulai menghiasnya dengan pola gambar tertentu. Atau, kamu bisa mendekorasi tembok kamar dengan mengecatnya.

Baca Ini Juga Yuk: Bangkit Bersama Hadapi Pandemi ala Relawan COVID-19

Foto: Tangkapan Layar Acara 'Relung Bersama'/Jejaring Menang Bersama

Cara ketiga ialah membuat creative journaling atau jurnal kreatif. Menurut Tita, kita bisa mengekspresikan apa saja yang dirasakan atau hal-hal menarik dari kehidupan ke dalam jurnal harian. Biar enggak bosan, kamu bisa memadukan tulisan dan gambar pada jurnal harian tersebut.

“Jurnal harian ini sesimpel kita nulis rasa syukur, hari ini kita terhindar dari sesuatu yang enggak kita harapkan,” terangnya.

Selanjutnya, cara keempat ialah menjajal gambar metode zentangle. Teknik doodling ini cukup sederhana dan mudah, bahkan bisa dilakukan bagi yang merasa enggak bisa menggambar.

Caranya, kamu cukup membuat objek berbentuk bulat atau kotak, kemudian mengisinya dengan elemen yang diinginkan, misalnya pola titik, garis, setengah lingkaran, atau spiral. Lakukan ini berulang hingga area menggambarnya penuh.

Menerapkan latihan gambar dengan metode zentangle ini bisa membuatmu jadi lebih rileks. Sebagai catatan, Tita mengingatkan agar kamu sadar napas selama menarik garis demi garis saat menggambar.

“Saat mengisi pola-pola dari bentuk bulat atau kotak ini, upayakan begitu kita tarik garis, kita ambil napas, buang napas, lakukan secara teratur,” jelasnya.

Keempat aktivitas ini bisa kamu lakukan untuk meringankan beban pikiran di tengah hiruk-pikuk kegiatan dan keadaan yang belum sepenuhnya membaik. Selain dengan pendekatan seni, Tita mengingatkan kita semua meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk, Mulai Berani Menulis dengan Cara Ini!

Foto: Tangkapan Layar Acara 'Relung Bersama'/Jejaring Menang Bersama

Ia menyoroti kebiasaan kurang baik saat menjalani rutinitas sehari-hari, misalnya saat kita menggeser jam makan siang dan menggantinya untuk bekerja atau melakukan aktivitas bersama tim.

Ia menyebut, waktu istirahat barang sejenak yang terlihat sepele ini berpotensi membahayakan tubuh bila terus diabaikan. Tubuh yang tidak dibiasakan istirahat akan membuat kita jadi lebih sensitif terhadap tekanan. Membiarkan diri kita beraktivitas tanpa ada istirahat ibarat menanam bom dalam tubuh yang bisa meledak suatu saat nanti. Jangan sampai begitu, ya.

Sebagai penutup, Tita juga mengingatkan kita menyadari hal paling sederhana yang kita lakukan tanpa sadar: bernapas. Ia menyebutnya dengan istilah three second rules.

Pengaplikasiannya mudah kok: saat kita merasa tekanan dalam diri begitu mengganggu, beri jeda sejenak untuk berhitung sampai tiga, lalu berikan afirmasi positif dengan tetap menjaga napas kita.

TemanBaik, kita masih sama-sama berjuang kembali ke kondisi terbaik seperti sebelum pandemi menerpa. Oleh karena itu, selain berupaya sadar diri, yuk kita saling menguatkan supaya bisa #MenangBersama. Jaga selalu dirimu di sana, ya!


Foto: Ilustrasi Unsplash/Tim Mossholder


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler