Keren Nih, Medali Asian Games Motifnya Batik

Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) memperkenalkan desain medali Asian Games. Medali ini memiliki corak batik yang mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia.

"Kami meluncurkan desain medali dengan logo Asian Games dan corak batik dari seluruh penjuru Indonesia. Itu menunjukkan keanekaragaman budaya sekaligus persatuan Indonesia," ujar Ketua INASGOC Erick Thohir dalam kegiatan Fun Run Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (1/7).

Medali bercorak batik ini akan diberikan kepada atlet berprestasi pada perhelatan olahraga terbesar se-Asia ini. Akan ada 4.066 medali yang diperebutkan dari 463 pertandingan di Asian Games 2018 ini.

Corak-corak batik yang ada dalam medali Asian Games 2018 merupakan motif batik yang dipakai oleh tiga maskot Asian Games. Yaitu corak khas Asmat yang dipakai Bhin-bhin, corak tumpal khas Jakarta yang dipakai Atung dan corak bunga khas Palembang yang digunakan Kaka.

Selain keanekaragaman budaya, motif-motif batik itu juga mencerminkan keanekaragaman suku, agama dan ras masyarakat Asia yang berpartisipasi dalam Asian Games ke-18 itu.

Dalam kegiatan "Fun Run Asian Games" di Jakarta itu, ada 5.000 orang yang mengikuti lomba lari berjarak dua kilometer di komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

"Ini adalah kegiatan fun run terbesar karena selain 5.000 orang di Jakarta, ada 2.000 peserta fun run di Palembang," kata Erick.

Pada 15 Juli mendatang, panitia juga akan menggelar kirab obor di 53 kota dan kabupaten di 18 provinsi. Kirab obor itu menempuh jarak 18 ribu kilometer. Selain kegitan Fun Run dan kirab obor Asian Games 2018, INASGOC juga meluncurkan lagu-lagu bertema Asian Games dalam satu album yang terdiri dari 13 lagu.



foto: instagram @asiangames2018


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler