Karena Aturan Bu Susi Ini, Sampah Plastik di KPP Berkurang Loh

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membuat kebijakan yang patut dicontoh nih. Ia melarang pegawai di kementeriannya membawa botol kemasan air mineral. Jika ada yang bandel, maka siap-siap kena denda Rp 500 ribu.

Kebijakan pro lingkungan ini sudah diterapkan Susi sejak Februari 2018. Ini dilakukan sebagai langkah nyata Susi dan pegawainya untuk turut serta menjaga lingkungan. Anak buah Susi diharapkan membawa botol air minum sendiri supaya mengurangi jumlah sampah plastik.

Masalah sampah plastik ini kerap membuat Susi geram. Karena saat kerja turun ke perairan ia sering mendapati sampah-sampah plastik di laut, baik yang mengapung atau yang tenggelam di dasar laut.

Supaya efektif, Susi juga menerapkan sistem pelaporan supaya aturan ini berjalan efektif. Bagi yang melapor, makan akan mendapat 20 persen dari denda yang dikenakan loh. Tak hanya pegawai, bahkan seluruh acara yang diselenggarakan oleh Kementerian KPP pun tak luput dari kebijakan ini. Tak boleh sama sekali ada botol air mineral.

Susi mengatakan, peraturan ini juga ia berlakukan di Susi Air, maskapai penerbangan miliknya. Ia berharap dengan kebijakan ini para pegawai jadi terbiasa menggunakan wadah plastik yang bisa dipakai terus menerus daripada plastik sekali pakai.

Kebijakan Bu Susi ini patut ditiru ya TemanBaik! Bagaimana dengan kalian, sudah bawa botol air minum sendiri?


foto: twitter @susipudjiastuti


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler