Fakta Seputar Laut Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Bandung - Bulan Agustus menjadi bulan yang istimewa bagi Indonesia, karena selain hari kemerdekaan jatuh di bulan Agustus, ada peristiwa bersejarah lainnya yang juga terjadi di bulan ini. Mungkin, tidak banyak yang tahu kalau 21 Agustus diperingati sebagai Hari Maritim Nasional. Hari bersejarah ini ditetapkan sejak 21 Agustus 1945 atau tepat setelah empat hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

21 Agustus diperingati sebagai Hari Maritim Nasional untuk mengenang kemenangan armada laut Indonesia atas armada laut Jepang pada tahun 1945. Selanjutnya, Hari Maritim Nasional jatuh pada 23 September yang ditetapkan Soekarno melalui surat keputusan Presiden RI Nomor 249/1964 mengenai ketetapan Tanggal 23 September menjadi Hari Maritim Nasional dan ditandai dengan Kongres Maritim pertama.

Berbicara mengenai laut Indonesia, banyak fakta laut yang perlu kamu ketahui sebagai warga Indonesia loh TemanBaik, seperti hampir 60 persen dari Indonesia terdiri dari lautan. Berdasarkan data yang diperoleh dari United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982. Total luas wilayah laut Indonesia adalah 5,8 juta km2, meliputi 3,2 juta km2 perairan teritorial dan 2,7 km2 perairan Zona Ekonomi Ekslusif. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Baca juga: Ini Kiprah Susi Pudjiastuti untuk Kelautan Indonesia

Laut Indonesia merupakan jalur raya dan habitat penting bagi mamalia laut di dunia, dari 87 jenis mamalia laut di dunia, terdapat 32 jenis mamalia laut ada di Indonesia. Mamalia tersebut dari kelompok lumba-lumba dan paus, termasuk paus biru yang terancam punah. Indonesia juga memiliki 6 dari 7 jenis penyu di lautan dunia, seperti Penyu Belimbing atau yang dikenal sebagai jenis reptilia laut penjelajah samudera.

Perairan di Indonesia juga merupakan pusat keanekaragaman terumbu karang dunia, ada sekitar lebih dari 400 spesies terumbu karang ada di Indonesia. Potensi tangkapan dari hasil laut Indonesia mencapai 5,2 juta ton pertahun atau setara Rp. 7,2 triliun. Tak mengherankan asupan protein warga Indonesia 57-60 persen berasal dari laut.

Sebagai warga negara Indonesia, sudah selayaknya kita bersama menjaga laut serta kekayaan alam yang berasal dari lautnya tersebut.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler