Kesan Uu Ruzhanul Pimpin Apel Perdana di Gedung Sate

Bandung - Uu Ruzhanul Ulum mengaku masih belum terbiasa menjadi Wagub Jabar meski sudah dilantik pada 5 September lalu. Kadang, ia masih merasa menjadi Bupati Tasikmalaya, jabatan yang diemban sebelum menjadi Wagub.

Sebagai Wagub, ia pun tadi pagi memimpin apel untuk pertama kalinya di Gedung Sate, Kota Bandung. Ia menggantikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hari ini sedang tidak berada di Bandung.

Dalam kegiatan itu, apel sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018. Ia pun mengaku hampir keseleo lidah saat memberikan sambutan.

"Iya (belum terbiasa jadi Wagub), barusan juga sambutan hampir menyebut Kabupaten (Tasikmalaya). Ya namanya juga manusia, masih belum (terbiasa). Saya kan menduduki jabatan Wakil Bupati setelah jabatan kemarin," ujar Uu.

Saat diingatkan wartawan bahwa ia salah menyebut jabatan sebagai Wakil bupati, ia pun tertawa dan meralat ucapannya. "Iya tuh kan (salah bicara), (harusnya) Wagub. Terus terang saya belum biasa, tapi mudah-mudahan saya mulai terbiasa," kata Uu sambil tertawa ringan.

Sebagai Wagub, Uu mengaku akan mengubah pola pikir dan paradigmanya. Sebab, ia memiliki tanggung jawab bersama Ridwan Kamil untuk memimpin Jabar, bukan lagi Kabupaten Tasikmalaya. Bayang-bayang posisi sebagai Bupati Tasikmalaya pun harus segera ditanggalkan.

"Jadi pikiran kami bukan hanya satu kabupaten, tapi harus mengubah orientasi kami berpikir adalah Jabar. Kalau saya masih membawa pola pikir dan paradigma tentang Kabupaten (Tasikmalaya), berarti saya salah ini. Yang penting kami bisa mengubah paradigma secepat mungkin untuk berpikir tentang Jabar," jelas Uu.

Ia pun akan membiasakan diri ngantor di Gedung Sate yang akan jadi tempat kerjanya dalam lima tahun ke depan. "Dari dulu kan saya sudah sering ya ke sini. Tapi, ngantornya baru kali ini dan kemarin hanya melihat (ruang kerja) di sana. Tadi pagi sudah masuk (ruang kerja), sudah ada tamu. Mudah-mudahan saya betah, istiqomah (di Gedung Sate)," tutur politisi PPP itu.

Disinggung soal kapan pindah ke rumah dinas Wagub Jabar di kawasan Rancabentang, Kota Bandung, ia belum memastikannya. Tapi, ia mengaku akan lebih fokus dulu langsung bekerja daripada memikirkan pindahan rumah.

"Belum, gampang ya kalau pindahan, yang penting kan kita kerja, kalau rumah di mana aja, tidak harus kita fokus di Bandung. Tapi yang penting gimana kita melayani masyarakat selaku Wakil Gubernur, tupoksinya harus kita lakukan sebaik mungkin," ucap Uu.

Sementara dalam kesempatan itu, Uu menyampaikan terima kasih kepada Ridwan Kamil yang memberikannya kesempatan bekerja dengan leluasa. Apalagi, apel pertama di Gedung Sate dipimpin langsung oleh Uu, bukan oleh Ridwan Kamil.

"Yang pertama saya merasa bangga dulu, di hari pertama saya masuk kantor, secara resmi kedinasan, ada acara Haornas dan diberikan kesempatan oleh Kang Emil untuk memimpin upacara. Kemarin juga saya di hari Jumat diberi kesempatan juga saya bekerja ikut rapat dengan Bapak Presiden acara rapat kabinet terbatas di Istana," papar Uu.

Sementara dalam apel yang dirangkaikan dengan peringatan Haornas itu, Pemprov Jabar memberikan penghargaan khusus kepada para atlet berprestasi, termasuk para atlet Jabar yang berlaga di Asian Games. Acara juga dimeriahkan dengan adanya penampilan, di antaranya pencak silat dan cheerleaders.




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler