Berkenalan dengan Momo, Maskot Asian Para Games 2018

Bandung - Usai menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia kembali ditunjuk sebagai penyelenggara Asian Para Games 2018. Ajang ini merupakan pesta olahraga bagi atlet-atlet penyandang difabel.

Sebanyak 42 negara di kawasan Asia akan bertanding pada 6-13 Oktober mendatang, yang akan diikuti oleh 2.800 atlet. Cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Para Games 2018 berjumlah 18, di antaranya panahan, lari, bulu tangkis, bola gawang, boling, angkat beban, catur, bersepeda, judo, menembak, renang, tenis meja, anggar, bola voli, hingga bola basket.

Tak kalah menarik dengan Asian Games yang menghadirkan maskot Kaka, Bhin Bhin, dan Atung, Asian Para Games juga menampilkan Momo, sosok elang bondol yang juga menjadi ikon DKI Jakarta. Penggunaan Elang Bondol sebagai maskot Asian Para Games 2018 ini memperkuat karakter Jakarta sebagai kota penyelenggara yang memiliki maskot yang sama. Momo juga menggunakan sabuk khas Betawi yang menjadi bagian dari budaya Betawi.

Momo merupakan singkatan dari Motivasi dan Mobilitas. Makna di balik maskot Momo sendiri diartikan sebagai orang yang terus bergerak maju dan beradaptasi dengan waktu dan dunia yang mudah berubah.

Selain itu, sosok elang bondol merujuk pada simbol burung yang kuat dan berani. Kombinasi dari nama Momo serta simbol elang bondol dianggap sebagai perpaduan yang tepat.


Foto: asianparagames2018.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler