Enam Kepala Daerah di Jabar yang Bakal Dilantik 20 September 2018

Bandung - Sebanyak enam pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jabar hasil Pilkada Serentak 2018 akan dilantik pada Kamis (20/9/2018). Prosesi pelantikan akan dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Kota Bandung. TemanBaik sudah tahu siapa saja yang akan dilantik?

1. Kota Bekasi
Pilkada di daerah ini dimenangkan oleh pasangan Rahmat Effendi dan Tri Adhianto. Hasil dari pilkada di Kota Bekasi sempat digugat oleh pasangan lain. Tapi, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan sengketa. Sehingga, Rahmat Effendi dan Tri Adhianto dinyatakan sah sebagai pemenang serta tinggal menunggu pelantikan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi.

2. Kota Bandung
Oded M Danial dan Yana Mulyana terpilih sebagai pemenang Pilwalkot Bandung 2018. Oded sendiri merupakan petahana. Sebelumnya, ia merupakan Wakil Wali Kota Bandung. Tapi, kini ia akan naik jabatan menjadi Wali Kota Bandung. Sementara Yana yang merupakan Wakil Wali Kota Bandung terpilih sebelumnya dikenal sebagai aktif di PSSI Kota Bandung dan berbagai organisasi lainnya.

3. Kabupaten Bandung Barat
Pasangan Aa Umbara dan Hengky Kurniawan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat (KBB). Aa Umbara sendiri bukan sosok yang asing di KBB. Ia sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD KBB. Sedangkan Hengky memiliki latar belakang sebagai artis yang kini terjun ke dunia politik.

4. Kabupaten Purwakarta
Pemenang pada Pilbup Kabupaten Purwakarta adalah Anne Ratna Mustika dan H Aming. Anne merupakan istri dari Dedi Mulyadi yang pernah menjabat sebagai Bupati Purwakarta selama dua periode. Sebelum menjadi Bupati, Dedi pernah menjadi Wakil Bupati dan anggota DPRD Kabupaten Purwakarta.

Sementara Aming sebelumnya dikenal sebagai pengusaha di bidang kontraktor bangunan. Di luar itu, ia pernah menjabat sebagai RW hingga Kepala Desa Tajur Sindang selama 11 tahun. Aming juga dikenal sebagai Manajer klub Persatuan Sepakbola Indonesia Purwakarta (Persipo).

5. Kabupaten Sumedang
Erwan Setiawan-Dony Ahmad Munir terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumedang untuk periode 2018-2023. Erwan merupakan politisi dari Partai Demokrat. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Bandung dan saat ini masih aktif sebagai anggota DPRD Kota Bandung. Erwan merupakan anak Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar.

Sementara Dony Ahmad Munir merupakan politisi dari PPP. Ia pernah menjadi anggota legislatif di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jabar, hingga DPR RI.

6. Kota Sukabumi
Ahmad Fahmi dan Andri Setiawan Hamami akan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi untuk lima tahun ke depan. Ahmad Fahmi merupakan petahana yang sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Sukabumi. Sebelum menjadi Wakil Wali Kota, Fahmi pernah menjadi anggota DPRD.

Sedangkan Andri Setiawan sebelumnya dikenal sebagai seorang pengusaha. Ia pernah memimpin Himpunan Pengusaha Indonesia serta Kamar Dagang dan Industri Kota Sukabumi. Ia pun tercatat pernah berkiprah sebagai Ketua Tim Ekonomi Kabupaten Sukabumi.

Di Jabar sendiri sebenarnya ada kabupaten/kota yang menggelar Pilkada Serentak pada Juni 2018 lalu. Tapi, pelantikan diputuskan digelar dalam beberapa gelombang. Pelantikan pemenang pilkada gelombang pertama akan digelar 20 September mendatang. Sedangkan sisanya belum dipastikan kapan digelar.

Prosesi pelantikan dengan cara unik nantinya akan digelar di Gedung Merdeka yang merupakan gedung sarat sejarah. Mereka yang akan dilantik rencananya akan menginap di Hotel Savoy Homan yang tak jauh dari Gedung Merdeka.

"Rencananya (para kepala daerah yang akan dilantik) akan jalan kaki ke Gedung Merdeka dari Hotel Savoy Homan, itu mirip seperti historical walk saat Konferensi Asia Afrika," kata Sekda Jabar Iwa Karniwa.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemprov Jabar Emma Kusumah Cahyaningsih mengatakan di sepanjang jalur historical walk itu akan ada 'barikade' para mojang-jajaka dari masing-masing daerah asal kepala daerah terpilih.

Setelah berjalan kaki dan masuk ke dalam Gedung Merdeka, mereka akan dilantik oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Selanjutnya, mereka akan dibawa diarak berkeliling ke sejumlah ruas jalan di Kota Bandung menggunakan delman dan Bandros (Bandung Tour on Bus).

Untuk rute konvoi, rencananya akan dimulai dari Gedung Merdeka menuju Jalan Cikapundung, Jalan Braga, Jalan Viaduct, Jalan Wastukancana, Jalan Riau, Jalan Dago, Jalan Diponegoro, dan berakhir di Gedung Sate.

"Di Gedung Sate kami siapkan stage ucapan selamat dan konferensi pers. Setelah itu sekitar pukul 14.00 WIB akan ada pelantikan Ketua PKK dan Ketua Dekranasda masing-masing daerah," jelas Emma.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler