Strategi Polisi Bikin Nyaman Warga Jelang Pileg dan Pilpres 2019

Bandung - Aparat keamanan bersama berbagai instansi sudah siap memberikan kenyamanan bagi masyarakat jelang bergulirnya tahapan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Tahapan pileg dan pilpres sendiri akan dimulai besok dengan adanya penetapan para calon presiden/wakil presiden, anggota legislatif, dan anggota DPD.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman tersebut, Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, serta berbagai pihak lainnya menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2018 di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (19/9/2018).

"Jumlah kekuatan (aparat) yang dilibatkan untuk kepolisian pada tahapan inti ada 14.500 personel, kemudian dari Kodam dan seluruh jajaran kurang lebih ada 8 ribu personel," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Para personel itu akan disebar ke berbagai daerah dengan tugas dan fungsi masing-masing. Ia pun optimistis rangkaian pelaksanaan pileg dan pilpres di Jabar akan berjalan kondusif. Sebab, berkaca dari pelaksanaan Pilgub Jabar 2018, tidak ada suasana panas seperti yang terjadi di Pilgub DKI.

"Insya Allah di Jabar sangat optimis, masyarakatnya religius, santun, insya Allah lebihh menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," tutur Agung.

Meski diyakini akan berlangsung kondusif, tapi aparat keamanan tetap siaga menangkal segala bentuk hal yang akan mengancam keamanan dan kenyamanan. Salah satunya, polisi akan memantau media sosial.

"Kalau ada konten-konten yang mengarah pada unsur ujaran kebencian, fitnah, kita segera lakukan penyelidikan. Kalau ada alat bukti yang lengkap, kita proses hukum," ucap Agung.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan gelar pasukan tersebut membuat pihaknya merasa aman dan nyaman dalam menghadapi pileg dan pilpres. Sebab, semua petugas memperlihatkan kesiapannya mengawal pelaksanaan pileg dan pilpres agar berjalan kondusif.

"Dengan gelar pasukan hari ini masyarakat bisa tenang, bisa nyaman, dan (diharapkan) tidak terjadi hal-hal yang diinginkan," tuturnya.

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq juga berpendapat serupa. Sebagai penyelenggara, ia pun mengapresiasi kesiapan para petugas keamanan dan seluruh jajaran terkait dalam menatap pileg dan pilpres.

"Sebagai penyelenggara pemilu, KPU dalam hal ini, tentu sangat mengapresiasi kesiapan dan kesigapan dari aparat keamanan. Oleh karena itu, tentu bagi KPU ini memotivasi kita untuk melaksanakan tahapan pemilu dengan sebaik-baiknya karena pengamanan sudah merupakan tanggung jawab aparat," kata Endun.

Sementara usai pelaksanaan apel, seluruh pejabat yang hadir sempat melihat secara langsung kesiapan personel hingga kendaraan yang akan digunakan dalam rangka pengamanan pemilu. Mereka memberikan ucapan selamat bertugas dan dorongan semangat kepada para aparat agar bisa menjaga kondusivitas Jabar selama rangkaian pemilu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler