Meriahnya 'Historical Walk' Pelantikan 6 Kepala Daerah di Jabar

Bandung - Kemeriahan tersaji di Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Kamis (20/9/2018) pagi dalam rangkaian prosesi pelantikan enam pasangan kepala daerah terpilih di Jabar hasil Pilkada Serentak 2018. Pukul 09.00 WIB, para pasangan kepala daerah terpilih mengawali prosesi dengan melakukan 'historical walk'.

Dalam 'historical walk', para kepala daerah berjalan kaki dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka yang dijadikan sebagai lokasi pelantikan. Terlihat Gubernur Jabar Ridwan Kamil ada dalam rombongan.

Ridwan Kamil serta para pasangan kepala daerah terpilih berada dalam posisi berjejer. Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, hingga mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pun turut dalam rangkaian tersebut. Sementara di belakang mereka berjejer istri para pasangan kepala daerah.

Prosesi 'historical walk' sendiri dilakukan dengan berjalan kaki secara perlahan. Sesekali mereka berhenti untuk berpose dan diabadikan para juru foto dan warga yang berkerumun di lokasi. Di samping kiri-kanan jalan dibentuk semacam barikade yang di antaranya terdiri dari anggota Paskibra dan mojang-jajaka dari berbagai kabupaten/kota.

Sesekali, mereka yang mengikuti 'historical walk' tersebut melambaikan tangan sambil tersenyum ke arah warga di sekitar lokasi. Tepuk tangan warga pun terdengar ramai mengiringi para kepala daerah selama perjalanan. Kamera dan telepon genggam pun digunakan warga untuk mengabadikan momen bersejarah tersebut.

Tepat di pertigaan Jalan Asia-Afrika dan Jalan Braga, rombongan peserta 'historical walk' berhenti. Beberapa penari perempuan dan laki-laki kemudian memperlihatkan kemahirannya menari. Berbalut pakaian tradisional, para penari itu seperti memberikan ucapan selamat datang melalui tariannya. Musik tradisional pun terdengar meriah mengiringi penampilan para penari.

Para kepala daerah kemudian diantar oleh para penari tersebut untuk masuk ke dalam Gedung Merdeka pada pukul 09.30 WIB. Sesekali, mereka juga berhenti, di saat yang sama para penari terus menari. Hingga akhirnya para kepala daerah masuk ke dalam Gedung Merdeka untuk mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya.

Di dalam Gedung Merdeka, para pasangan kepala daerah terpilih diambil sumpah jabatan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Emil itu pun mengingatkan bahwa sumpah itu harus dilaksanakan.

"Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan keikhlasan dan kejujuran," kata Emil mengingatkan para kepala daerah yang dilantik.

Prosesi pelantikan pun masih berlanjut. Rencananya, kegiatan di lokasi akan berakhir pukul 10.30 WIB. Setelah kegiatan di Gedung Merdeka selesai, rombongan kepala daerah akan melakukan konvoi menuju Gedung Sate dengan menggunakan delman dan Bandung Tour on Bus (Bandros).

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler