Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT di Delapan Kota Indonesia

Bandung - Telkomsel kembali menggelar program keahlian mahasiswa bertajuk IndonesiaNEXT. Di tahun ketiga penyelenggaraannya, program yang dirancang untuk generasi muda Indonesia ini menghadirkan tema 'Yes, I’m The Next' dan menyajikan berbagai menu acara.

IndonesiaNEXT akan diadakan di delapan kota dan kampus di Indonesia, yaitu Bogor, Padang, Lampung, Bandung, Makassar, Pontianak, Semarang dan Malang. Acara ini akan menampilkan seminar, talkshow inspiratif, program sertifikasi, pelatihan kemampuan komunikasi dan digital marketing. Pada akhir acara akan diadakan bootcamp sebagai tahapan penutup untuk memilih peserta terbaik IndoensiaNEXT 2018.

Pada tahap awal, sebanyak 500 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan pelatihan marketing. Kemudian akan dipilih sebanyak 400 peserta yang terpilih yang akan mengikuti persiapan ujian terkait pilihan sertifikasi internasional yang diminati.

Dari 400 peserta sertifikasi akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013.Ujian sertifikasi internasional sendiri diadakan secara online, yang terdiri dari sertifikasi Digital Marketing Certified Hubspot, Adobe Certified Associate Photoshop CS6/Creative Cloud 2018, dan Microsoft Office Specialist Powerpoint 2013.

Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, yang akan menentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik. Para peserta akan dilatih oleh pembicara dari Talk Inc. agar dapat melakukan presentasi dengan menarik, komunikatif, komprehensif dan informatif. Tahapan ini akan diakhiri dengan evaluasi dan penilaian dari trainer berdasarkan presentasi yang dibuat dan disajikan peserta di depan panel, untuk kemudian mendapatkan 3 peserta terbaik dari tiap-tiap kota (TOP 3 Area).

Peserta TOP 3 Area akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materi Impactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight. Kemudian di akhir, didapatkan Peserta Terbaik IndonesiaNEXT 2018 melalui proses National Qualification Panel.

Pada seminar inspiratif, menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya. Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang persaingan di industri serta wawasan tentang peningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.

Pelatihan digital marketing akan berlangsung selama tiga hari dengan pelatihan materi sesuai minat yang dipilih sebelum mengikuti ujian sertifikasi internasional. Beberapa materi yang disediakan yaitu, Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

Bekerjasama dengan UNPAD Bandung, acara ini juga akan menghadirkan talkshow bersama tokoh inspiratif, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara dalam Talkshow Digital Innovation Summit 2018.

"Sebagai perusahaan yang turut bertanggung jawab dalam memajukan generasi muda Indonesia, kami berupaya untuk mendukung pengembangan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat internasional. Melalui IndonesiaNEXT, kami berharap generasi muda kita semakin cakap dan kompeten untuk bersaing secara global," ungkap Irfan Tachrir selaku Direktur Human Capital Management Telkomsel dalam rilis yang diterima BeritaBaik.

Irfan juga menambahkan kalau tahun ini IndonesiaNEXT digelar di lebih banyak perguruan tinggi di Indonesia. Dengan begini, lebih banyak mahasiswa yang dapat berpartisipasi dan mendapatkan kesempatan untuk menajamkan kompetensinya.

Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2017 yang lalu, telah terpilih 10 peserta terbaik nasional dari lebih dari 12.000 peserta dari seluruh Indonesia. Belum lama ini, kesepuluh pemenang tersebut telah berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat. Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak tahun 2016.

Saat ini, Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, tercatat 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang melakukan registrasi pendaftaran.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler