Selamat Ulang Tahun ke-208, Bandung!

Bandung - Bandung merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang memiliki luas wilayah kurang lebih 167,67 kilometer persegi. Kota  terbesar di wilayah Pulau Jawa ini dikelilingi oleh pegunungan, dialiri oleh dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum.

Menyambut hari jadi Kota Bandung ke-208 di tahun 2018, BeritaBaik ingin memberikan beberapa fakta menarik yang jarang sekali ketahui mengenai kota yang dijuluki Paris Van Java ini. Yuk, simak apa saja fakta unik tersebut.

Asal Mula Kata Bandung
Nama Bandung berasal dari kata Bendung atau Bendungan. Kata ini diambil karena saat itu, terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Tangkuban Perahu yang kemudian membentuk telaga. Berdasarkan legenda yang diceritakan oleh orangtua di Bandung, nama Bandung diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu uang diikat berdampingan yaitu Perahu Bandung. Perahu tersebut digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Citarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Dalam filosofi Sunda, kata Bandung juga berasal dari kalimat Nga-Bandung-an, yang terdiri dari kata Banda dan Indung, yang merupakan kalimat sakral dan luhur karena mengandung nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an artinya menyaksikan atau bersaksi. Sementara Banda adalah segala sesuatu yang berada di alam hidup yaitu di bumi dan atmosfer, baik makhluk hidup maupun benda mati. 

Bandung Kota Kembang dan Paris di Jawa
Keindahan alam di Kota Bandung membuat kota yang satu ini diberi julukan sebagi Kota Kembang. Dahulu, Bandung dinilai sebagai kota yang sangat cantik dengan pepohonan dan bunga-bunga yang tumbuh menghiasi kota. 

Sementara sebutan Paris Van Java atau yang berarti Paris di Tanah Jawa adalah sebutan pada zaman kolonial Belanda untuk Kota Bandung sekitar tahun 1920-1925. Kala itu, Bandung dikenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya. Dan Karena memiliki kesamaan geografis dengan daerah Perancis Selatan, akhirnya Koloni Belanda melakukan pembangunan Kota Bandung hingga menjadi sebuah pemukiman yang indah dan lengkap dengan sarana untuk memenuhi kebutuhan warganya, layaknya di Perancis. 

Berada di Tengah Mangkok
Udara Bandung yang dingin ternyata menyimpan misteri,  meski letaknya relatif tidak terlalu tinggi, namun Kota Bandung memiliki suhu rata-rata lebih rendah, karena di sekelilingnya terdapat pegunungan. Pengunungan yang mengelilingi Kota Bandung membentuk wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa. 

Tempat KAA 1955
Bandung pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika 1955, yaitu suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme. Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kota Asia Afrika. 

Gedung Sate
Bandung juga memiliki beberapa gedung bersejarah, salah satunya adalah Gedung Sate, yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dari zaman Belanda hingga saat ini. Gedung Sate memiliki keunikan dari sisi arsitektur dan keindahan tersendiri yang berbeda dengan bangunan lainnya di Kota Bandung. Meski telah berdiri sejak 27 Juli 1920 namun bangunannya tetap kokoh dan anggun. 

Festival Film Bandung
Sejak tahun 1987, Bandung menggelar Festival Film Bandung (FBB). FBB sendiri adalah sebuah bentuk apresiasi perfilman oleh komunitas Forum Film Bandung. Meski Festival Film Indonesia sempat vakum selama 12 tahun karena terpuruknya film dalam negeri, namun FFB tetap terus berjalan. 

Sejarah Jalan Pasteur Bandung
Loius Pasteur adalah seorang penemu teknik pembunuhan bakteri yang disebut pasteurisasi. Ia mendirikan pusat penelitan bernama Pasteur Institute yang tersebar di 60 negara, yang salah satunya berada di Kota Bandung. Seiring waktu Pasteur Intitute berevolusi menjadi BUMN yang bernama Bio Farma. Untuk mengenang  Louis Pasteur, nama jalan tempat Bio farma berdiri kini dikenal sebagai Jalan Pasteur. 

Bandung Dibakar
Bandung Lautan Api adalah istilah yang merujuk pada peristiwa yang terjadi di masa penjajahan dahulu. Karena tidak rela Kota Bandung ditempati Sekutu dan NICA (Nederlandsch Indië Civil Administratie atau Netherlands-Indies Civil Administration), penduduk Bandung lebih memilih pergi setelah membakar seluruh Bandung Selatan. Peristiwa ini kemudian diabadikan dalam lagu Halo-halo Bandung.

Ulang Tahun Bandung
Tidak hanya Bandung yang lahir di tanggal 25 September, sejumlah tokoh dan selebritis juga memiliki hari jadi yang sama dengan Kota Bandung. Mereka adalah aktor asal Korea Hyun Bin, aktor Hollywood Will Smith, Katherine Zeta-Jones dan Michael Douglas. 

Lima Perguruan Tinggi
Bandung  memiliki lima perguruan tinggi negeri, yaitu Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Institut Teknologi Bandung (ITB) serta yang terbaru adalah Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Pada awalnya ISBI memiliki nama awal KORI, lalu pada tahun 1995 menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI). Kemudian di tahun 2014 sampai sekarang berubah menjadi ISBI.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler