Kota Bandung dari Masa ke Masa

Bandung - Bandung sudah berusia 208 tahun. Karena keindahannya pada zaman dulu, kota yang berdiri pada 25 September 1810 ini memiliki julukan 'Parijs van Java'. Julukan lainnya adalah 'Kota Kembang'. Bagaimana sih perubahan Bandung dari masa ke masa?

Kota Bandung menjadi salah satu kota penting dalam sejarah di Indonesia. Perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia berada di sini, yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH Bandoeng) yang sudah berubah nama menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB berdiri sejak 3 Juli 1920.

Bandung juga jadi lokasi belangsungnya Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 1955. Pertemuan itu menjadi cikal-bakal berbagai negara di Benua Asia dan Afrika untuk menyuarakan semangat tegas menolak kolonialisme.

Selain itu, Kota Bandung juga sarat akan banyak peristiwa yang tercatat abadi dalam sejarah Indonesia. Peristiwa Bandung Lautan Api hingga 'gugatan' Presiden Soekarno kepada Belanda yang kemudian disebut dengan sebutan Indonesia Menggugat mewarnai perjalanan Kota Bandung.

Seiring perkembangan zaman, Kota Bandung mengalami banyak perubahan menuju ke arah modernisasi. Kini, banyak berdiri bangunan-bangunan megah di Kota Bandung, mulai dari hotel, perkantoran, hingga industri. Meski begitu, Kota Bandung tetap identik sebagai kawasan yang dikelilingi pegunungan.

Dari segi pendidikan, Kota Bandung menjadi salah satu pusat untuk menimba ilmu karena banyaknya sekolah dan perguruan tinggi. Dari segi pariwisata, Kota Bandung memiliki banyak tempat wisata, baik wisata alam maupun modern.

Untuk kuliner, Kota Bandung menjadi rajanya makanan-makanan lezat. Dari makanan murah meriah pinggir jalan hingga makanan mewah kelas hotel bintang lima tersaji dengan marak di Kota Bandung.

Dari segi infrastruktur, Kota Bandung memiliki banyak bangunan yang dijaga keasliannya seperti Gedung Sate, bangunan-bangunan di Jalan Braga, Gedung Indonesia Menggugat, Balai Kota Bandung, Gedung Merdeka, hingga bangunan di sekitar Jalan Asia Afrika.

Untuk bangunan modern, Kota Bandung memiliki Jembatan Pasupati yang berdiri megah sejak 2005. Bangunan itu menjadi salah satu ikon baru Kota Bandung. Yang terbaru, Kota Bandung memiliki Jembatan Pelangi yang jadi penghubung Jalan Jakarta dan Terusan Jalan Jakarta.

Untuk dunia olahraga, Kota Bandung memiliki Persib Bandung. Klub berjuluk 'Maung Bandung' ini bahkan menjadi kebanggaan warga Jabar. Dua kali gelar juara liga dan sekali juara Piala Presiden menjadi bukti tangguhnya tim sepakbola yang kini dilatih Mario Gomez tersebut. Di kompetisi musim ini, Persib bahkan masih memuncaki klasemen sementara dan berpeluang besar juara.

Kota Bandung juga dikenal sebagai surganya belanja. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi bagi TemanBaik yang ingin berbelanja. Dari barang berharga murah sampai mahal begitu mudah didapatkan di Kota Bandung.

Untuk pakaian atau segala hal yang berkaitan dengan fesyen misalnya, Pasar Baru menjadi salah satu tempat favorit untuk berbelanja. Harganya yang tergolong murah bahkan menjadi tujuan wisatawan negeri tetangga untuk berbelanja. Ada juga kawasan factory outlet (FO) yang banyak berdiri di sepanjang Jalan RE Martadinata (Riau).

Ada juga pertokoan di sepanjang Jalan Cihampelas. Di sini TemanBaik bisa berburu baju, celana, dan kebutuhan fesyen lainnya. Soal harga, di sini mayoritas cukup terjangkau. Bagi anda yang ingin berburu sepatu dan sandal berkualitas, pertokoan di sepanjang Jalan Cibaduyut bisa menjadi tujuan.

Ingin membeli kain dengan harga murah? TemanBaik bisa berburu ke kawasan Cigondewah. Berbagai kain berkualitas tersaji di sana. Ada juga kawasan Jalan Tamim yang identik dengan penjualan bahan baku jeans.

Untuk tempat wisata, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Bahkan, Kota Bandung kini memiliki banyak taman-taman yang indah. Untuk berkunjung ke taman-taman itu pun gratis. Sehingga bagi TemanBaik yang ingin melepas penat tapi memiliki kocek terbatas, berkunjung ke taman bisa menjadi solusi.

Jadi, berbahagialah TemanBaik yang tinggal di Kota Bandung. Bahkan, TemanBaik yang berkunjung ke Kota Bandung pun akan mendapatkan kebahagiaan dengan segala hal yang ada. Selamat Ulang Tahun Kota Bandung!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler