Menelusuri Soekarno Hatta, Salah Satu Jalan Utama di Bandung

Bandung - Jalan Soekarno Hatta merupakan nama satu jalan terpanjang di Kota Bandung yang memanjang dimulai dari Bundaran Cibiru hingga Jalan Sudirman. Terdapat banyak tempat-tempat menarik di jalan ini, seperti pusat perbelanjaan, kuliner, hingga barang bekas.

Jalan yang membentang dari pertigaan Jalan Rajawali hingga Bundaran Cibiru. Total panjang jalan ini mencapai 18,3 kilometer.

Pada tahun 1980-an, Jalan Soekarno Hatta adalah jalan terbesar di Kota Bandung dan dikenal dengan sebutan Jalan Bypass. Awalnya, jalan ini dibuat untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke kota. Sehingga kendaraan yang dari selatan menuju Jakarta dapat langsung melewati Jalan Bypass ke arah Jalan Sudirman tanpa harus melalui jalan protokol. Kini fungsi tersebut telah berubah setelah ada jalan tol Padaleunyi.

Baca juga: Ini Jalan Terpendek dan Terpanjang di Bandung, Sudah Tahu Belum?

Kendaraan yang berasal dari luar kota tidak harus masuk lagi ke Kota Bandung untuk melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke selatan atau sebaliknya. Kehadiran tol tersebut pun membuat Jalan Soekarno Hatta kini bukan Jalan Bypass lagi, artinya Jalan Soekarno Hatta tidak berbeda dengan jalan protokol lainnya yang ada di Kota Bandung.

Jalan Soekarno Hatta memotong beberapa jalan di kota Bandung, seperti Jalan Buah Batu, Jalan Moh Toha, jalan Kopo dan Jalan Kiaracondong. Sebelum Jalan Soekarno Hatta dibangun, Jalan Buah Batu menyambung ke arah Jalan terusan Buah Batu kemudian Bojongsoang yang lebarnya tidak seperti sekarang. Saat itu, jalan di sana hanya cukup untuk dua mobil dan merupakan perlintasan kendaraan dari arah Buah Batu ke Dayeuhkolot.

Sebelum ada Jalan Soekarno Hatta, dulunya daerah Jalan Moh Toha dikenal dengan kawasan bernama Cigereleng. Begitu pun dengan Jalan Kopo, Jalan Soekarno Hatta merupakan jalur satu-satunya dari arah Bandung Selatan seperti Soreang untuk menuju ke pusat Kota Bandung.


Foto: Google Street

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler