Listrik dan Internet di Palu Pulih Bertahap, Yuk Saling Berkabar

Bandung - Usai gempa yang melanda Palu pada Jumat (28/9/2018) PLN sudah memperbaiki 3 unit PLTD Silae masing-masing berkapasitas 1,3 MW. Ketiganya saat ini masih dalam proses penyesuaian untuk bisa menyala dan memasok listrik secara bertahap.

"Alhamdulillah kami telah berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae dengan kapasitas total 3,9 MW. Sejak tadi malam kami berupaya agar listrik kembali pada kondisi normal dan mengalir dimanfaatkan masyarakat Palu," ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi PT PLN (Persero), Syamsul Huda melalui PLN Distribusi Jabar, Senin (1/10/2018).

Syamsul bercerita, upaya pemulihan ini menjadi buah kerja keras dari 125 orang personel gabungan PLN Sulawesi yang selama 24 jam memperbaiki infrastuktur mulai dari pembangkitan, transmisi, gardu induk, jaringan tegangan menengah/rendah hingga sambungan ke pelanggan.

"Saat ini, ketiga unit tersebut masih dalam pengetesan sebelum dinyatakan siap untuk dinyalakan dan disalurkan melalui penyulang yang ada.Kami berupaya maksimal agar kondisi kelistrikan Palu malam ini mulai pulih secara bertahap,“ ungkap Syamsul.

Ia menambahkan, fokus perbaikan PLN terpusat juga di sejumlah Rumah Sakit dan Posko yang tersebar di Palu. Saat ini sudah ada sekitar 22 genset yang bisa dimanfaatkan untuk penerangan sejumlah posko. Selebihnya, Syamsul juga meminta masyarakat bersabar karena bantuan genset maupun alat berat masih berjuang untuk memasuki Kota Palu.

Enggak hanya memulihkan listrik, PLN melalui anak perusahaaan yakni Icon+ memberikan bantuan berupa internet Wi-Fi dengan Bandwidth 50 mbps, dengan jumlah 6 akses poin. Bagi yang belum menginformasikan kabar ke sanak saudaranya, TemanBaik disarankan untuk memanfaatkan internet darurat ini.

"Kami bersyukur warga bisa memanfaatkan akses internet dari Icon+, karena dengan adanya internet kami berharap warga bisa memberikan informasi dan kabar kepada keluarga masing-masing melalui aplikasi messaging berbasis internet,” imbuh Syamsul.

Foto: dok. PLN


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler