Cek Hak Pilihmu untuk Pemilu 2019, Caranya Gampang Kok!

Bandung - Pada 2019 mendatang akan digelar Pemilihan Umum (Pemilu), baik untuk presiden/wakil presiden, calon anggota DPR RI dan DPRD, serta anggota DPD RI. Pesta demokrasi itu merupakan ajang bagi publik untuk menentukan pemimpin dan wakil rakyatnya untuk 5 tahun.

TemanBaik yang sudah berusia minimal 17 tahun pada saat hari H pencoblosan, sebaiknya gunakan hak pilih dengan baik. Jangan sia-siakan hak pilih TemanBaik yang sudah difasilitasi oleh negara.

Dengan menggunakan hak pilih, berarti TemanBaik turut serta dalam perubahan yang lebih baik untuk Indonesia dalam 5 tahun ke depan. Satu suara akan sangat menentukan hasil akhir dari pemilu mendatang.

Tapi, apakah TemanBaik sudah terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2019 mendatang. Ada cara yang mudah untuk mengeceknya. TemanBaik tinggal membuka laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Laman ini diluncurkan oleh KPU RI sebagai penyelenggara pemilu. Dengan mengaksesnya, TemanBaik bisa tahu apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau tidak. Cara mengeceknya pun sangat mudah. Yuk cari tahu caranya!

Setelah masuk ke laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, TemanBaik tinggal memasukkan nama dan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai yang tertera di KTP. TemanBaik lalu tinggal meng-klik tombol 'cari' yang tertera di bawah nama dan NIK.

Bagi TemanBaik yang sudah terdaftar sebagai pemilih, nantinya akan muncul nama, jenis kelamin, asal provinsi dan kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nomor TPS. Sementara jika tidak terdaftar, maka informasi tersebut tidak akan muncul dan akan diberikan keterangan.

"Kalau belum terdaftar bagaimana? Nanti masyarakat bisa mendatangi PPK/PPS di tingkat desa/kelurahan, KPU kabupaten/kota, termasuk KPU Jabar untuk menyampaikan data kependudukan agar terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap)," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Jabar Titik Nurhayati di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Senin (1/10/2018).

Saat mengajukan komplain karena tidak terdaftar di DPT, TemanBaik diharuskan membawa KTP dan mengisi formulir. Setelah itu, TemanBaik tinggal menunggu diproses hingga nantinya akan terdaftar dalam DPT.

Titik mengatakan, laman tersebut bisa diakses oleh seluruh warga Indonesia. Tidak hanya warga Jabar, warga luar Jabar bisa mengecek apakah dirinya sudah terdaftar di DPT atau tidak.

Ia pun mengajak masyarakat memaksimalkan laman tersebut dari sekarang. Sehingga, masih ada waktu untuk mengurus jika ada yang belum terdaftar di DPT. Apalagi, cara mengecek di laman tersebut sangat mudah.

"Aksesnya tidak lama, tidak sampai setengah menit langsung bisa mendampilkan data kita (sudah terdaftar di DPT atau belum)," jelas Titik.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler