Kenali Tingkatan Status Gunung Berapi

Bandung - Indonesia merupakan negara kepualauan yang dikelilingi oleh banyak gunung api yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ada setidaknya 103 gunung berapi aktif di Indonesia.

Oleh karena itu, dengan banyaknya gunung yang aktif, TemanBaik perlu memiliki pengetahuan mengenai tingkatan status gunung berapi di Indonesia. Berikut ini tingkatan-tingkatannya:

Normal
Apabila status gunung berapi dinyatakan normal, artinya tidak ada perubahan aktivitas secara visual, seismik, dan kejadian vulkanik. Hal ini menunjukkan tidak akan ada letusan hingga kurun waktu tertentu.

Waspada
Status ini menunjukkan mulai meningkatnya aktivitas seismik dan kejadian vulkanik. Saat dinyatakan waspada, akan mulai terlihat perubahan visual di sekitar kawah, seperti terjadi gangguan magmatik, tektonik, atau hidrotermal yang cenderung diikuti oleh letusan. Hanya saja, tidak akan terjadi erupsi dalam jangka waktu tertentu.

Siaga
Jika gunung berapi dinyatakan berstatus siaga, tandanya ada peningkatan seismik yang didukung dengan pemantauan vulkanik lainnya. Selain itu, perubahannya akan terlihat jelas baik secara visual maupun aktivitas kawah.

Pada kondisi ini, gunung berapi akan diikuti dengan letusan utama. Artinya, jika peningkatan kegiatan gunung api terus berlanjut, kemungkinan erupsi besar mungkin terjadi dalam kurun dua pekan

Awas
Saat dinyatakan awas, gunung berapi akan diikuti oleh letusan utama yang berupa abu atau asap. Artinya, jika peningkatan kegiatan gunung api terus berlanjut, kemungkinan erupsi besar akan terjadi dalam kurun waktu dua pekan.


Foto: Wikipedia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler