Fitur Person Finder Google Bisa Bantu Cari Korban Gempa Loh

Bandung - Bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang Palu dan Donggala beberapa waktu lalu membuat pemerintah terus melakukan evakuasi dan pendataan korban. Untuk memudahkan pencarian, Google Indonesia meluncurkan situs khusus bernama Google Person Finder. Situs ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia untuk membantu pencarian.

Pada situs Google Person Finder, TemanBaik dapat menjadi kontributor untuk membantu menemukan keluarga atau kerabat setelah pasca terjadinya bencana.

Pada halaman utama situs Google Person Finder, pengunjung akan disuguhkan dua pilihan, pertama apakah mereka mencari seseorang atau memiliki informasi tentang seseorang.

Jika memilih mencari seseorang, pengunjung dapat mengetik namanya di kolom yang telah tersedia. Setelah itu, Google akan mencari informasi mengenai nama yang telah dimasukkan tersebut. 

Dalam hasil pencariannya, Google menyediakan data berupa profil yang akan mencakup nama lengkap, foto, dan status mereka. Data profil itu juga menampilkan siapa yang memasukkannya dan tanggal pembuatannya.

Namun, data ini hanya tersedia untuk jangka waktu tertentu saja. Hanya saja, ada pilihan untuk menghapus profil atau memperpanjangnya selama 60 hari ke depan. 

Untuk pilihan lainnya, pengunjung dapat memasukkan informasi tentang diri mereka atau orang lain ke dalam database Google. Data yang dimasukkan di Google Person Finder dapat dimanfaatkan pula oleh publik.

Untuk memasukan datanya, pengunjung situs hanya perlu mengisi formulir yang terdiri dari nama, informasi kontak, alamat, deskripsi, foto, dan status yang menjelaskan kondisi orang yang dilaporkan dan lokasi yang terakhir dilihat.

Hingga kini data Google Person Finder telah merekam sekitar 300 data korban bencana Palu. Google Person Finder juga telah digunakan selama berbagai krisis atau bencana, salah satunya bencana banjir Kerala yang melanda India pada Agustus lalu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler