Perempuan Hingga 'Hantu' Pecahkan Rekor Pakai Batik Terbanyak

Bandung - Sebanyak 5.000 orang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan sehari berpakaian batik terbanyak. Kegiatan itu digelar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/10/2018).

Mayoritas mereka yang berpakaian batik itu adalah kaum perempuan dari berbagai daerah di Jabar. Tapi, ada salah satu yang paling menarik perhatian, yaitu hadirnya para hantu berpakaian batik.

Mereka turut menggenapkan pencatatan jumlah peserta berpakaian batik hingga menjadi 5.000 orang. Ada 30 orang yang berpenampilan layaknya hantu lokal dan luar negeri. Hantu pocong misalnya, kain kafannya diganti dengan menggunakan batik berwarna dominan hijau, kuning, dan coklat. Ada juga hantu bermata satu dengan rambut pirang dan memakai batik didominasi warna oranye.

Kehadiran mereka cukup menyita perhatin dan membuat banyak peserta meminta foto bareng. Para hantu itu pun dengan ramah melayani permintaan sesama peserta pemecahan rekor MURI.

Para hantu itu merupakan anggota Cosplay Misteri Bandung (Comjuring). Biasanya, mereka mangkal di sekitar Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, bersama komunitas cosplay lainnya.

"Biasanya kita memang berpenampilan seperti ini sehari-hari. Bedanya, khusus hari ini kita memakai batik untuk ikut memeriahkan kegiatan pemecahan rekor ini," kata Koordinator Comjuring Agus Barli kepada BeritaBaik.

Untuk proses berdandan seperti hantu, dibutuhkan waktu 30-60 menit. Ada berbagai macam bahan makeup yang dipakai agar mereka terlihat benar-benar seperti hantu di film-film horor.

"Kita tadi dandannya di Asia-Afrika, baru jalan ke sini," ucap Agus.

Sementara dalam kegiatan pemecahan rekor batik itu, sebenarnya tercatat ada sekitar 7.000 pendaftar. Tapi, yang tercatat dalam rekor MURI hanya 5.000 peserta sesuai target awal.

Selain pemecahan rekor, di halaman Gedung Sate digelar berbagai kemeriahan untuk merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2018 lalu. Ada lomba joget Maumere, bazar UKM, lomba mewarnai, hingga fashion show batik.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler