Ayo Berbuat Baik kepada Gelandangan Psikotik!

Bandung - Keberadaan orang dengan gangguan jiwa di jalanan atau diistilahkan gelandangan psikotik sering membuat banyak orang takut. Tapi, apakah TemanBaik pernah berpikir bagaimana cara mereka bertahan hidup, mencari makan, hingga siapa yang mengurus mereka saat sakit?

TemanBaik harus sadar, orang yang oleh publik sering disebut 'orang gila' itu juga manusia. Mereka berhak untuk hidup. Tapi, mereka memiliki penyakit kejiwaan yang membuat mereka seperti itu.

Bahkan, mereka yang ada di jalanan rata-rata dibuang oleh keluarganya. Berbagai alasan menjadi latar belakang dibuangnya mereka, mulai dari malu hingga khawatir mereka mengganggu orang di lingkungan sekitar tempat tinggal.

TemanBaik pun bisa berbuat kebaikan dari hal kecil kepada gelandangan psikotik tersebut. Cara sederhana adalah memberikan mereka makanan jika TemanBaik memiliki rezeki berlebih.

Hal sederhana seperti itu bisa membuat gelandangan psikotik sedikit lebih terjaga haknya. Sebab, biasanya mereka mencari makanan sisa dari tong sampah atau tempat tidak layak lainnya.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Kejiwaan (PDSKJ) Bandung dan Sekitarnya Arlisa Wulandari mengatakan tidak semua persepsi gelandangan psikotik itu menakutkan. Banyak dari mereka cuek dengan lingkungan sekitar dan tidak memiliki sikap agresif.

"Kita jangan selalu men-judge (menilai mereka) dari penampilan. Keberadaan mereka itu sebenarnya bisa dipersepsikan sebagai orang yang menakutkan atau harus dikasihani. Tidak semua dari mereka berbahaya," kata Arlisa, Rabu (10/10/2018).

Ada dua cara jika TemanBaik ingin memberikan makanan kepada mereka. Pertama, berikan makanan secara langsung kepada mereka dan jelaskan agar itu dimakan.

Cara kedua, jika TemanBaik takut berdekatan, makanan bisa disimpan di sekitar gelandangan psikotik berada. Buka makanannya dan berikan isyarat agar makanan itu dimakan.

Tapi, Arlisa mengakui memang makanan yang diberikan itu bisa dimakan, didiamkan, atau bahkan mereka berbalik menjadi marah. Meski begitu, hal itu jangan jadi penghalang jika TemanBaik ingin berbuat baik.

"Orang-orang dengan gangguan jiwa berat seperti itu kita tidak pernah tahu cara berpikirnya seperti apa. Kalau mereka menolak saat diberikan makanan, pakaian, atau lainnya, jangan berkecil hati (melakukan kebaikan)," ucap Arlisa.

Sementara jika ingin membuat mereka lebih baik, TemanBaik bisa menghubungi instansi pemerintah seperti Dinas Sosial atau Satpol PP setempat untuk memberitahukan keberadaan gelandangan psikotik.

Dengan begitu, pihak terkait akan membawa mereka, menempatkan di tempat khusus, dan merawatnya layak. Yuk, jangan ragu berbuat kebaikan untuk mereka!



Foto ilustrasi: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler