Yuk, Bikin Simulasi Bencana Bareng Diskar PB Kota Bandung!

Bandung - Kota Bandung memiliki banyak potensi bencana, mulai dari gempa bumi, banjir, kebakaran, hingga longsor. Potensi itu jangan membuat TemanBaik takut. Sebaliknya, TemanBaik menyikapinya dengan bijak.

Bagi TemanBaik yang tinggal di Kota Bandung, kewaspadaan harus dimiliki. Pengetahuan soal mitigasi bencana menjadi bekal wajib. Sehingga ketika bencana terjadi, anda tahu apa yang harus dilakukan agar terhindar jadi korban.

Salah satu cara yang bisa TemanBaik lakukan adalah dengan mengikuti simulasi bencana. Dari kegiatan itu, anda bisa tahu dan terlatih bagaimana jika berada dalam bencana.

Bagi warga Kota Bandung, anda bisa menggelar simualasi bencana dengan meminta bantuan dari Dinas Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB). Nantinya petugas akan memfasilitasi kegiatan simulasi.

"Kirim saja surat permohonan jika ingin ada simulasi bencana ke Diskar PB (di Jalan Sukabumi, Kota Bandung)," kata Kabid Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung Sihar Pandapotan Sitinjak.

Setelah permohonan diajukan, nantinya pihak Diskar PB akan berkoordinasi dengan pemohon. Berikutnya akan dibahas skema simulasinya seperti apa agar petugas bisa menyiapkan berbagai perlengkapannya.

"Simulasinya itu minimum di tingkat RW. Ini gratis. Kalau ada yang mungut biaya, laporkan ke kita," jelas Sihar.

Simulasi sendiri sangat penting untuk memberikan edukasi sekaligus melatih warga agar siap menghadapi bencana. Jadi, jangan ragu untuk mengajukan permohonan simulasi bencana di tempat tinggal anda kepada Diskar PB ya.


Foto: Ilustrasi Bencana Kebakaran/Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler