Catat! Begini Cara Membuat SIM Baru

Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu syarat wajib yang harus dimiliki pengendara. Jadi, TemanBaik yang belum memiliki SIM sebaiknya jangan coba-coba berkendara jika tidak ingin kena tilang.

Prosedur membuat SIM sendiri sebenarnya mudah dan terbilang murah. Tapi, banyak masyarakat terlanjur berpikir membuat SIM itu susah. Sehingga, banyak yang tidak mau membuat SIM.

"Bikin SIM baru itu murah. Contoh untuk pembuatan SIM A itu Rp120 ribu, lalu untuk SIM C Rp100 ribu. Ini masyarakat masih banyak yang belum paham dan memilih menggunakan calo. Akhirnya biaya yang dikeluarkan membengkak," kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza di Bandung, Selasa (16/10/2018).

Bagi warga Kota Bandung, anda tinggal datang ke Satlantas Polrestabes Bandung di Jalan Jawa. Anda tinggal mendaftar ke bagian pendaftaran dengan membawa persyaratan KTP asli dan salinan, surat keterangan sehat jasmani dari dokter, dan surat keterangan sehat rohani dari psikolog.

Khusus untuk permohonan pembuatan baru SIM A Umum, BI dan BI Umum, serta BII dan BII, anda harus menyertakan sertifikat simulator klinik pengemudi. Setelah mendaftar, anda tinggal menempuh proses registrasi, identifikasi dan ujian yang meliputi ujian teori, uji simulator, dan praktik.

Begitu tahapan itu selesai dan anda dinyatakan lulus, anda tinggal membayar biaya pendaftaran dan mengisi formulir. SIM pun akan langsung dicetak tidak lama kemudian.

Agung mengatakan, kebanyakan memang pemohon pembuatan SIM baru tidak lulus saat ujian. Tapi, sebenarnya ujian tidak sesulit yang dibayangkan.

Ia pun memberikan trik agar anda bisa lulus dengan cepat. Pertama, pelajari berbagai peraturan lalu lintas umum. "Sekarang sudah gampang ya, bisa dicari di internet soal peraturan lalu lintas," ucap Agung.

Trik berikutnya, tenang saat menjalani ujian akan menjadi faktor penentu. Jangan berpikir bahwa ujian membuat SIM itu menakutkan. Sehingga, anda harus berusaha tenang dalam menjalani berbagai ujian dalam pembuatan SIM.

"Misalnya begini, orang itu hapal lagu Garuda Pancasila, tapi ketika diuji disuruh nyanyi kadang-kadang lupa. Jadi, masyarakat jangan berpikir ujian itu susah," tuturnya.

"Padahal ujian (pembuatan SIM) biasa saja. Itu hal biasa yang sering dilakukan sehari-hari saat berkendara," jelas Agung.

Tapi, yang tidak kalah penting adalah melatih kemampuan berkendara dengan baik. Sebab, itu akan jadi salah satu penentu kelulusan anda dalam pembuatan SIM baru.

Berkaca dari informasi dan trik di atas, TemanBaik yang ingin membuat SIM baru tidak perlu ragu-ragu lagi. Siapkan persyaratan, pelajari teori dan pengetahuan lalu lintas, serta berlatih mengendara dengan baik dan tenang saat mengikuti ujian.

Satlantas Polrestabes Bandung bahkan menyiapkan waktu khusus setiap sore pada hari kerja untuk memberikan pelatihan seputar lalu lintas kepada pemohon pembuatan SIM. Anda akan dibekali edukasi sebagai bekal untuk ujian. Yuk, jangan takut membuat SIM!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler