Jangan Lupa, Periksa Sim Sebelum Kedaluwarsa!

Bandung - Bagi TemanBaik yang sudah memiliki surat izin mengemudi (SIM), sebaiknya cek dari sekarang. Sehingga anda bisa tahu kapan masa aktif SIM anda berakhir.

Jika SIM sudah kedaluwarsa atau berakhir, mau tidak mau TemanBaik harus membuat SIM baru. Prosesnya pun sama seperti membuat SIM pada umumnya yang harus melewati beberapa tahap ujian.

"Telat sehari saja untuk memperpanjang masa berlaku SIM, itu harus buat baru, prosesnya dari awal lagi," kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza kepada BeritaBaik.

Ia menyarankan agar proses perpanjangan SIM ditempuh beberapa hari sebelum masa berlaku SIM habis. Sehingga, anda punya cukup waktu untuk melakukan perpanjangan masa berlaku.

Proses perpanjangan masa berlaku SIM pun cukup mudah jika dilakukan sebelum masa berlakunya habis. Anda tinggal datang ke Satlantas di daerah masing-masing.

Bahkan, beberapa tahun belakangan ini Satlantas Polrestabes Bandung memberi kemudahan bagi warga Kota Bandung dengan adanya mobil SIM Keliling. Ada dua unit yang dioperasikan.

Untuk jadwal di mana lokasi SIM Keliling, salah satunya bisa dicek di akun Instagram @tmcpolrestabesbandung. "Dengan adanya SIM Keliling, ini memudahkan masyarakat, tidak perlu datang ke Satpas (Satuan Penyelenggara Pelayanan SIM)," ucap Agung.

Apa saja yang diperlukan untuk persyaratan perpanjangan SIM? Pertama adalah siapkan SIM asli, KTP asli dan salinannya, surat keterangan sehat jasmani dari dokter, surat keterangan sehat rohani dari psikolog, dan sertifikat simulator klinik pengemudi.

Baik di Satpas maupun di lokasi SIM Keliling, anda diharuskan mendaftar, membayar biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Besarannya adalah Rp 80 ribu untuk SIM A, Rp 75 ribu untuk SIM C, Rp 80 ribu untuk SIM A Umum, BI dan BI Umum, serta BII dan BII Umum. Sedangkan Rp 30 ribu biaya untuk perpanjangan SIM D.

Prosesnya pun tidak lama. Setelah mengisi formulir, registrasi, dan identifikasi, SIM akan langsung dicetak saat itu juga. Standar pelayanan perpanjangan SIM pun hanya sekitar 30 menit.

Yuk, cek SIM TemanBaik dari sekarang. Ingatkan dengan alarm atau pemberitahuan di kalender telepon genggam anda agar berbunyi minimal seminggu sebelum masa berlaku SIM habis.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler