Simbol Cinta dan Dukungan dari Bandung untuk Palestina

Bandung - Kota Bandung sejak 13 Oktober 2018 memiliki sebuah taman baru dengan nama 'Palestine Walk'. Taman ini sekaligus jadi pembatas jalan di sebelah timur Alun-alun Bandung.

Taman itu menjadi simbol cinta sekaligus dukungan dari Bandung dan Indonesia terhadap Palestina yang hingga kini belum berdaulat di atas tanahnya sendiri. Taman itu diharapkan jadi penyemangat bagi berbagai pihak untuk terus menyuarakan kemerdekaan Palestina di dunia internasional.

'Palestine Walk' sendiri cukup menarik untuk menjadi spot berfoto. Di sana terdapat sebuah tiang dengan tulisan 'Palestine Walk 13-10-2018' pada bagian atasnya.

Di sana juga terdapat sebuah tulisan 'bdg-palestine' dengan simbol hati di tengahnya. Tempat duduk besi berwarna merah juga terdapat di beberapa titik di taman dengan panjang sekitar 100 meter tersebut.

Ada juga ornamen-ornamen lain yang cukup ikonik, salah satunya foto Ir Soekarno yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia. Sementara di bagian kiri-kanan taman itu terdapat tanaman-tanaman berukuran kecil.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan dibuatnya 'Palestine Walk' merupakan program dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Proyek itu diresmikan saat Menteri Luar Negeri Palestina berkunjung ke Bandung akhir pekan lalu untuk mengikuti salah satu kegiatan.

Ia pun mengungkap harapan besar agar 'Palestine Walk' jadi penyemangat bagi semua pihak yang menginginkan Palestina merdeka.

"Kita ingin mendorong, memberikan semangat kepada mereka agar merdeka. Pada tahun 1945 Palestina itu paling duluan memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia. Sewajarnya kita hari ini punya kepedulian terhadap Palestina yang belum merdeka," kata Oded saat ditemui di kawasan Alun-alun Bandung, Rabu (17/10/2018).

'Palestine Walk' sendiri berada satu jalur dengan tugu atau monumen Konferensi Asia-Afrika. Sehingga, keberadaan 'Palestine Walk' menjadi penegas dari semangat Konferensi Asia Afrika pada 1955 yang menyatakan penolakan terhadap segala bentuk penjajahan di dunia.

Sementara sebagai bagian dari wisata, keberadaan 'Palestine Walk' jadi pelengkap di antara berbagai spot ikonik di sekitar kawasan Alun-alun Bandung dan Jalan Asia-Afrika. Kawasan itu dikenal memiliki beberapa bangunan peninggalan kolonial Hindia-Belanda dan bangunan bersejarah lainnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler