Mau Naik Motor Bareng Anak di Akhir Pekan? Perhatikan Hal Ini!

Bandung - Bepergian di akhir pekan sambil membawa anak bisa jadi hal menyenangkan di sela rutinitas pekerjaan harian. Berkendara dengan menggunakan sepeda motor pun jadi cara yang mudah agar perjalanan TemanBaik bisa lebih cepat dan praktis.

Tapi, ada hal penting yang harus diperhatikan para orang tua saat membonceng anaknya di sepeda motor. Seringkali orang tua mengabaikan keselamatan si kecil.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza mengatakan masih banyak orang tua yang membiarkan anaknya tidak menggunakan helm. Padahal, meski masih kecil, helm seharusnya digunakan anak sebagai alat keselamatan saat berkendara.

"Kita sering menemukan saat melakukan razia ada orang tua membawa anaknya tidak pakai helm. 'Pak, ini kan masih anak kecil, kenapa harus pakai helm?', biasanya orang tuanya ngomong seperti itu," kata Agung kepada BeritaBaik.

Padahal, harusnya orang tua menyadari bahwa penggunaan helm bagi anaknya yang dibonceng sebagai kebutuhan. Sebab, helm akan melindungi kepala sang anak jika terjatuh. "Kita kan tidak pernah tahu kondisi di jalan seperti apa, bisa saja pengendaranya mengantuk atau bagaimana yang bisa mengakibatkan kecelakaan," ucapnya.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Ribu Motor plus Chopper Jokowi Bakal Ramaikan AKBikeFest 2018

Pola pikir anak kecil belum tepat memakai helm saat naik motor harusnya diubah. Helm harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan berkendara. "Harus diubah mindset-nya, keselamatan itu investasi," ujar Agung.

Selain penggunaan helm, si kecil juga harusnya memakai perlengkapan lain, mulai dari jaket, kacamata, hingga sepatu. Pastikan juga posisi si kecil aman, misalnya menempatkan mereka di tengah jok.

Menempatkan mereka duduk di depan pengendara justru akan membahayakan. Sebab, bisa saja si kecil ngantuk dan terjatuh saat perjalanan. Pengendara pun akan kesulitan mengontrol laju kendaraan sekaligus mengawasi si kecil.

Jika anda sendirian membonceng anak, sebaiknya pasang semacam tali atau kain antara pengemudi dan anak yang akan membuat posisi anak aman. Sehingga, meski anak mengantuk atau bahkan tertidur, anak akan tetap pada posisinya.

Foto: Pixabay.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler