5 Patung yang Identik dengan Jalan di Kota Bandung

Bandung - Di Kota Bandung banyak terdapat patung atau monumen. Tapi, ada beberapa di antaranya yang sangat identik dengan suatu jalan.

Jika menyebut nama patung tersebut, ingatan warga akan langsung teringat pada nama suatu jalan. Patung atau monumen apa saja itu? BeritaBaik kasih tahu lima di antaranya.

1. Patung Sepatu Cibaduyut
Patung berbentuk sepatu pria dan wanita ini terletak tepat di dekat traffic light perempatan Jalan Cibaduyut-Soekarno-Hatta. Tapi, patung ini identik sebagai penanda kawasan Cibaduyut sebagai pusat perbelanjaan sepatu.

2. Patung Ikan Mas M Ramdan
Patung berbentuk tiga ikan mas ini identik dengan Jalan Mohamad Ramdan. Lokasinya terletak di pertigaan Jalan Mohamad Ramdan-BKR. Menurut cerita, patung itu menggambarkan bahwa dulu di daerah tersebut banyak terdapat kolam ikan.

Baca Ini Juga Yuk: Kenalan dengan Amrizal, Pembuat Patung-patung Pahlawan Nasional

3. Bola Dunia Asia-Afrika
Patung berbentuk bola dunia ini terletak di Jalan Asia-Afrika. Patung ini menjadi penanda atau simbol dari semangat Konferensi Asia Afrika. Patung ini cukup ikonik dengan Jalan Asia-Afrika. Letaknya persis berada di dekat area timur Alun-alun Bandung.

4. Patung Pesepakbola Tamblong
Patung ini berwujud seorang laki-laki yang sedang menggiring bola. Lokasinya berada di pertigaan Jalan Tamblong-Lembong.

Patung dengan tinggi sekitar 5 meter itu diresmikan pada 1990 sebagai simbol kejayaan Persib Bandung. Warga banyak yang menyebut patung itu sebagai representasi Ajat Sudrajat, seorang legenda hidup Persib. Tapi, patung itu sebenarnya menyimbolkan seorang pesepakbola pada umumnya.

5. Patung Tunas Kelapa
Patung ini berbentuk tunas kelapa berwarna coklat sehingga sering disebut Tugu Tunas Kelapa atau Tugu Kitri. Lokasinya berada di Jalan RE Martadinata (Riau), tepatnya di seberang Taman Pramuka.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler