Temukan 7 Masalah Ini? Laporkan ke Jabar Quick Response

Bandung - Sejak diluncurkan 18 September lalu, program aduan masyarakat 'Jabar Quick Response' (JQR) kebanjiran laporan. Tercatat sekitar 25 ribu aduan yang masuk melalui berbagai saluran aduan JQR. Namun 60 persen dari aduan itu berisi laporan tentang infrastruktur, birokrasi dan lainnya. Padahal hal itu bukan termasuk keweangan JQR untuk melakukap tindakan.

"Setiap hari kami menginventarisir masalah yang masuk melalui JQR. Kami berupaya untuk menyelesaikan masalah yang masuk secepat mungkin," ujar Hanief saat dihubungi beritabaik melalui telepon, Rabu (24/10/2018).

JQR memiliki tujuh kewenangan yang bisa ditindaklajuti. Namun Hanief mengaku tak keberatan menginventaris masalah lainnya yang masuk ke JQR. Karena daftar aduan lainnya itu akan diteruskan JQR ke aduan lainnya yang lebih tepat seperti LAPOR.

"Pada dasarnya kami tidak mungkin kan tidak menerima aduan warga. Ekspektasi masyarakat pada JQR ini tinggi, jadi walaupun bukan wilayah kami, kami tetap catat aduannya untuk disampaikan pada yang berwenang," jelas Hanief.

Nah, supaya tidak salah melapor, sebaiknya warga Jabar mencatat 7 masalah yang masuk ke ranah kerja JQR. Tujuh masalah ini dijelaskan langsung oleh Ketua JQR Hanief Mochammad, Rabu (24/10/2018).

1. Isu kemanusiaan

Ini meliputi warga yang punya masalah kesehatan kritis dan darurat. Mereka juga kesulitas untuk mengakses layanan kesehatan. Lansia yang terlantar juga masuk dalam kategori ini.

2. Pendidikan

Anak yang putus sekolah karena tak memiliki biaya, ijazah yang ditahan pihak sekolah atau anak yang tidak bisa ikut ujian karena belum membayar SPP bisa dilaporkan pada JQR.

3. Kerawanan pangan

Jika ada warga yang mengalami kelaparan atau menemukan anak dengan gizi buruk, langsung hubungi JQR

4. Listrik

Mengetahui ada daerah, kampung atau desa yang masih terisolir dan belum teraliri listrik bisa meminta bantuan JQR. Mereka membawa program 'Lemper' yang merupakan singkatan dari Lembur Penuh Listrik yang akan membawa listrik ke desa-desa dengan biaya mulai dari Rp 2.000 per bulan saja.

5. Rumah Darurat

Perhatikan di lingkungan TemanBaik, jika menemukan ada rumah yang kondisinya darurat segera laporkan. Rumah darurat yaitu yang keadaan rumahnya sudah mengancam jiwa penghuninya alias nyaris roboh.

6. Bencana

Kondisi darurat akibat bencana seperti kebakaran, longsor, atau banjir bisa meminta bantuan dari JQR.

7. Jembatan

Akses berupa jembatan yang tidak layak karena rapuh atau hanya terdiri dari seutas tali saja bisa mengancam keselamatan. JQR akan turun untuk mendirikan jembatan untuk membuka akses sehingga warga memiliki akses yang lebih layak.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler