Ini Tokoh-tokoh Perempuan Hebat Indonesia di Mata Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap rasa hormatnya pada perempuan Indonesia saat membuka Forum Muslimah Muda Internasional Fatayat NU di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya banyak perempuan hebat yang berkontribusi dalam membangun negara dan mengharumkan bangsa di dunia internasional. Di kabinet saat ini, secara khusus ia menempatkan delapan menteri. Padahal, biasanya jumlah menteri perempuan hanya sekitar tiga atau empat orang saja.

"Ada yang lembut, lemah gemulai ada seperti Bu Menteri Kesehatan Prof. Nila Moeloek. Tapi ada juga yang galak agresif, ada Bu Menteri Kelautan Bu Susi Pudjiastuti," kata Jokowi dalam siaran pers yang diterima BeritaBaik, Kamis (25/10/2018).

Susi sendiri sejauh ini bersama jajarannya sudah menenggelamkan 343 kapal dan tidak ada yang berani protes. "Takut semua sama Bu Menteri (Susi)," ucanya.

Di kabinet juga ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang lemah lembut tapi pantang menyerah dalam dialog internasional. Di masa lalu, Indonesia juga punya tokoh perempuan hebat seperti Laksamana Malahayati, Martha Christiana Tialahu, Dewi Sartika, hingga R.A. Kartini.

Di masa kini, tokoh hebat perempuan di antaranya terdapat dalam sosok Sinta Nuriyah Wahid sebagai pejuang toleransi, Butet Manurung pengajar suku Anak Dalam di Jambi, dan Mama Aleta Baun sang pejuang lingkungan. "Ada juga ibu kembar, Sri Rossyati dan Sri Irianingsih, ini perintis sekolah untuk anak-anak jalanan," ucap Jokowi.

Khusus di kancah olahraga, Indonesia memiliki sosok perempuan tangguh yang mampu meraih 12 emas, di antaranya pemanjat Aries Susanti dan Puji Lestari serta Ratu Wushu Asia Lindswell Kwok. Di bidang film, ada sosok Rini Sugianto yang merupakan animator film The Avengers dan Iron Man 3.

Berbagai bukti itu membuat Indonesia harus memberikan kepercayaan tinggi terhadap perempuan dalam berbagai hal. Ia pun berharap kegiatan seperti Forum Muslimah Muda Indonesia akan bisa menghasilkan ide-ide baru untuk digerakkan kaum perempuan.

"Saya percaya bahwa forum ini akan menghasilkan banyak terobosan-terobosan baru, ide-ide baru, dan gagasan-gagasan baru," pungkas Jokowi.


Sumber foto: Biro Pers Setpres


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler