Belajar Jadi Petani Muda Yuk, Begini Cara Mulainya

Bandung - Menjadi petani mungkin tidak banyak terpikirkan oleh para generasi muda yang hidup di era yang serba digital ini. Kebanyakan mereka lebih memilih untuk kerja kantoran, menjadi PNS, atau kerja di startup ternama dengan beragam fasilitas menggoda.

Sebagian dari mereka menganggap bahwa menjadi petani hanya akan berpenghasilan kecil dan sulit untuk sukses. Padahal, tidak sedikit petani-petani muda kita yang sukses dari hasil produksi pertaniannya, contohnya Adi Pramudya, pria asal Pati Jawa Tengah itu sukses berkat bisnis budidaya rempah-rempah.

Berita Foto: Potret Hijau Persawahan di Desa Tenjolaya

Banyak dari sektor pertanian yang hasilnya bisa dimanfaatkan, seperti kopi, sayuran, rempah, dan masih banyak lagi. Kualitas tanah di Indonesia yang gembur dan subur menjadi salah satu faktor bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dibandingkan negera-negara lainnya.

Berikut ini tip bagi anak muda yang ingin menjadi petani:

Mulai dan Lakukan
Generasi muda biasanya lebih tertantang untuk melakukan berbagai macam hal. Mulailah terlebih dahulu, gunakan juga kreatifitas kamu agar menjadi petani muda yang penuh dengan inovasi.

Jangan Gengsi
Menjadi petani bukan pekerjaan yang hina kok, TemanBaik. Justru ketika kamu memilih untuk jadi petani, secara tidak langsung kamu juga bisa memberikan peluang usaha kepada orang-orang sekitar. Kamu tentu membutuhkan pekerja yang bisa membantu jalannya usahamu.

Berita Foto: Bertani di Pinggir Sungai ala Komunitas Cikapundung

Bekali Diri dengan Pengetahuan
Walau hanya menjadi petani, kamu juga harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup mengenai pertanian. Jika TemanBaik merupakan lulusan sarjana pertanian dan ingin menerapkan ilmu yang sudah dipelajari, hal tersebut tentu menjadi lebih bagus lagi. Sebab sektor pertanian kita membutuhkan bibit-bibit berkualitas di bidang pertanian.

Jangan beranggapan jika menjadi petani itu tidak bisa sukses. Manfaatkanlah teknologi untuk menjual hasil panenmu nanti, di era digital seperti sekarang ini sudah bukan hal yang baru memanfaatkan aplikasi belanja online untuk berjualan.

Bukan Penghalang Menjadi Sukses
Di era digital ini, petani tidak lagi dipandang sebelah mata. Tidak sedikit petani kita yang bisa sukses sebagai petani karena berhasil memasarkan produknya hingga ke luar negeri dan meraup omzet hingga ratusan juta.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler