Ingin Seperti Bung Hatta? Ini Nilai Baik yang Patut Ditiru

Bandung - Siapa yang tidak kenal dengan Muhammad Hatta? Sosok yang populer dengan nama Bung Hatta ini adalah pejuang bangsa yang berhasil membuat Indonesia merdeka dari tangan penjajah. Jasanya begitu besar bagi negeri ini, hingga sampai detik ini kita bisa duduk manis menikmati kemerdekaan tanpa harus berjuang melawan penjajah seperti yang dilakukannya.

Keteladannya sebagai Bapak Bangsa haruslah dicontoh oleh anak muda, agar mereka tidak lupa untuk selalu rendah diri. Berikut ini nilai-nilai baik dari sosok Bung Hatta yang bisa kita tiru: 

Demokratis

Bung Hatta dikenal sebagai tokoh yang demokratis. Walaupun pada masa lampau ia sempat dipenjara dan diasingkan di tempat pembuangan,  Bung Hatta  selalu menekankan pada rekan-rekannyanya agar tetap bersikap  demokratis  sekalipun  berada di pengasingan.

Menjunjung Tinggi Nasionalisme

Wakil Presiden RI yang pertama ini selalu menebar semangat kebangsaan dan nasionalisme. Ia selalu  menempatkan  kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan pribadi dan golongan.

Pekerja Keras

Kebenciannya terhadap colonial Belanda membuatnya selalu bekerja keras ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dahulu. Sosok yang tidak bisa dipisahkan dari Bung Karno ini juga sering keluar masuk penjara karena melawan selalu para kolonial yang ingin merebut tanah airnya. 

Tidak Mau Memanfaatkan Jabatan

Sewaktu masih hidup, Bung Hatta sangat menginginkan sepatu merek ternama. Oleh karena itu, ia menyimpan guntingan iklan dari sepatu tersebut dan mengumpulkan uang agar bisa membeli sepatu yang diinginkannya. Padahal dengan statusnya yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden ia bisa saja memanfaatkan jabatannya. Namun, Bung Hatta memilih untuk tidak meminta sesuatu karena kepentingannya sendiri.  

Rendah Hati

Sewaktu berangkat ke tanah suci, Bung Hatta pergi menggunakan biaya sendiri. Padahal, Bung Karno sudah menawarinya untuk pergi dengan menggunakan biaya yang ditanggung oleh negara.  Tapi, Bung Hatta menolaknya, ia lebih memilih untuk naik haji menggunakana biaya sendiri sebagai rakyat biasa.

Foto: wikipedia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler