Cara ITB Bikin Lulusannya Cepat Bekerja

Institut Teknologi Bandung (ITB) punya trik tersendiri untuk membuat lulusan atau mahasiswa tingkat akhirnya cepat mendapatkan pekerjaan. Caranya, digelar ITB Integrated Career Days 2018.

Kegiatan itu akan dilaksanakan di Aula Barat dan Aula Timur ITB pada 27-28 Oktober 2018. Kegiatan rutin yang sering disebut juga dengan Titian Karir ITB itu menjadi ajang bertemunya mahasiswa dan alumni ITB, serta pelaku dunia usaha dan industri.

Sehingga, mahasiswa tingkat akhir akan bisa tahu jenis pekerjaan yang 'diincar' saat lulus nanti. Sedangkan bagi yang baru lulus, peluang kerja akan sangat terbuka.

Untuk kegiatan tahun ini, terdapat 40 perusahaan yang terlibat, baik perusahaan nasional maupun multinasional. Interaksi dan peluang kerja pun akan terbuka dalam kegiatan itu. Tapi, ada yang berbeda dibanding pelaksanaan kegiatan serupa sebelum-sebelumnya.

"Jika di tahun-tahun sebelumnya banyak peserta booth yang berasal dari bidang usaha perminyakan, pertambangan, eksplorasi kekayaan bumi, di tahun ini kebanyakan yang besar-besar didominasi oleh start-up company yang lekat dengan bisnis dunia digital," kata Direktur ITB Career Center Dr. Eng. Bambang Setia Budi dalam rilis kepada BeritaBaik, Jumat (26/10/2018).

Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB Dr. Eng. Sandro Mihradi berharap kegiatan ITB Integrated Career Days membuat 'waktu tunggu' lulusan ITB menjadi singkat. Di sisi lain, perusahaan yang terlibat akan mendapatkan karyawan baru berkualitas hasil didikan ITB.

"Acara ini dilaksanakan sebagai bagian dari tanggung jawab institusi dalam memfasilitasi dan menjamin terserapnya para lulusan ITB, khususnya di lapangan pekerjaan yang ada. Sehingga mempersingkat waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini waktu tunggu rata-rata lulusan ITB mendapatkan pekerjaan pertamanya adalah tiga bulan," jelas Sandro.


Foto: dok.ITB

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler