Keren! Angkutan Sampah di Pontianak Dipasang GPS

Pontianak - Armada pengangkut sampah di Kota Pontianak memiliki kelebihan tersendiri. Sebab, kendaraan yang ada dipasang global positioning system (GPS).

Program itu dinamai Sistem Strategi Peningkatan Kerja Pengangkutan Sampah (Siperkasa) GPS. Tujuan besar dari program itu adalah agar pengangkutan sampah lebih efektif.

"Tujuannya mengefisiensikan angkutan sampah sehingga sampah-sampah yang ada di tempat pembuangan sementara (TPS) tidak menumpuk," kata Plt Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dilansir dari laman resmi Pemkot Pontianak.

Dengan program itu, armada pengangkut sampah akan terkontrol pergerakannya dari Kantor Dinas Lingkungan Hidup (LH). Saat armada terlihat berhenti dari layar pengawas, petugas di Dinas LH akan bisa mengambil langkah.

"Misalnya sampah di lokasi Pasar Mawar kenapa belum diangkut, harusnya sudah bersih, apa penyebabnya? Ternyata karena angkutan belum datang. Di mana keberadaan angkutan? Dilacak lewat aplikasi, ternyata (misalnya) terjebak macet di Tol Landak," jelas Edi.

Saat petugas pengangkut sampah mengalami kendala di lapangan, yang bersangkutan juga bisa melapor secara cepat. Dalam aplikasi yang ada, terdapat tombol atau menu khusus untuk melapor ke pusat kendali di Dinas LH.

Misalnya, saat mogok atau terjebak macet, petugas akan melapor. Sehingga, bisa dicari solusi tercepat agar masalah teratasi, sampah juga bisa secepatnya diangkut.

Saat ini, total ada 58 unit armada pengangkut sampah di Pontianak. Tapi, baru 20 unit yang dipasangi Siperkasa GPS. "Sisanya akan dipasang pada tahun depan bersumber dari APBD 2019," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak Tinorma Butar Butar.


Foto: unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler