Tegakkan Kepala Timnas U-19, Kalian Tidak Gagal!

Bandung - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 kalah 0-2 oleh Timnas Jepang U-19 dalam babak perempat 8 besar Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu (28/10/2018) malam.

Selain gagal lolos ke semifinal Piala AFC U-19, kekalahan itu membuat peluang Indonesia lolos ke Piala Dunia U-20 2019 juga tertutup. Meski gagal, Timnas U-19 dan rakyat Indonesia justru harusnya bangga dengan pencapaian Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

Secara semangat, tim asuhan Indra Sjafri tampil luar biasa. Secara teknik, Timnas U-19 ternyata tidak berbeda jauh dengan tim dari negara lain. Bahkan, meski kalah oleh Jepang, Indonesia menguasai permainan dengan 51 persen berbanding 49 prsen.

Padahal, secara kualitas Jepang disebut-sebut berada dua tingkat di atas Indonesia. Tapi, nasib baik memang tidak menaungi Indonesia sehingga harus puas hanya bisa mencicipi turnamen sampai babak perempat final.

Pelatih Indra Sjafri sendiri mengungkap rasa puas atas penampilan anak asuhnya. Meski ada banyak kendala, timnya tetap berusaha tampil maksimal.

"Saya puas dengan apa yang ditampilkan pemain. Saya sendiri bergulat dengan pemain yang cedera. Namun, saya melihat level permainan tim ini cukup kompetitif dengan negara-negara besar di Asia," kata Indra dilansir dari laman resmi PSSI.

Yang membuat bangga, pencapaian Timnas U-19 saat ini justru adalah yang terbaik sejak 1978 atau 40 tahun silam. Bahkan, di turnamen serupa era pemain Boaz Solossa (2004) dan Evan Dimas (2014), Indonesia justru hanya menjadi juru kunci grup.

Sehingga, pencapaian Timnas U-19 saat ini harus diapresiasi banyak pihak. Bangkit Garuda Nusantara, masih ada waktu untuk berkembang!

Bahkan, klub asal Inggris Tottenham Hotspur sampai memberikan dukungan bagi Timnas U-19. Hal itu disampaikan melalui akun twitter resmi Tottenham Hostpur berbahasa Indonesia.

"Tetap semangat, Timnas U-19," tulis @Spurs_ID yang menambahkan emoticon bendera Indonesia dalam cuitannya.


Foto: dokumentasi PSSI




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler