Rini Soemarno Dorong BUMN Terus Inovasi untuk Tambah Ekspor

Bandung - Sinergi BUMN kembali bikin gebrakan baru nih. Untuk memperkuat kolaborasi, PT Len Indusri, Pindad dan Biofarma menggelar Excelen: Inovasi untuk Negeri. Dalam acara ini diluncurkan produk inovasi sistem solar PV untuk perumahan dan perkantoran LenSOLAR. Ada juga pelepasan ekspor produk dari tiga BUMN.

Apa saja sih yang bisa dijumpai di Excelen? Nah di acara ini sejumlah BUMN yang berpusat di Jawa Barat memamerkan produk-produk karya anak bangsa. Sebut saja sistem transportasi, energi terbarukan, teknologi navigasi, teknologi informasi dan komunikasi serta elektronika pertahanan.

"BUMN harus menjadi pelopor produk dalam negeri untuk mengurangi impor dan sebagai upaya dalam meningkatkan daya saing bangsa. Untuk itu pemerintah menaruh harapan besar pada Len Industri karena kemampuan inovasi teknologi yang dimiliki," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno di Len Industri, Rabu (31/10/2018).

Rini bercerita, pemerintah Indonesia punya target mengubah 23 persen dari total pasokan energi menjadi energi terbarukan pada tahun 2025. Dengan adanya LenSOLAR, masyarakat juga bisa lebih teredukasi untuk memanfaatkan sarana ini sebagai solusi penghematan.

Enggak hanya LenSOLAR loh, pada acara ini diluncurkan Len Rescue. Peralatan ini adalah perespon darurat cepat yang menyediakan sumber energi dan perlengkapan dalam kondisi darurat. Misalnya bencana alam, atau sarana pertambangan.

"Pemerintah akan terus mendorong BUMN Pertahanan di Indonesia untuk memproduksi produk akhir yang bisa mendunia. Ini juga menjadi target kita untuk mendongkrak mata uang Rupiah melalui peningkatan nilai ekspor ke luar negeri," pungkasnya.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler