Keren! Desa-desa di Jabar Bakal Punya Mobil 'Transformer'

Bandung - Pemprov Jabar akan menggulirkan program 'Mobil Siaga Desa'. Rencananya, mobil dengan konsep 'transformer' itu akan mulai dijalankan pada 2019. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut mobil itu ibarat mobil 'transformer' karena bisa berubah fungsi dan bentuk. Ada beragam manfaat yang bisa dirasakan warga.

"Ada curhatan gimana kalau ada yang sakit, gimana ngangkutnya? Masa naik ojek? Gimana kalau ada meninggal? Gimana kalau ada hajatan dan lain-lain? Akhirnya digagas Mobil Siaga Desa," kata Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018).

Mobil itu menurutnya multifungsi dan bentuknya bisa disesuaikan. Mobil bisa dipakai untuk mengangkut manusia, menjadi panggung, menjadi kendaraan pengangkut hasil panen, tempat nonton bareng, hingga perpustakaan.

"Nah si mobil ini seperti transformer," tutur Emil.

Mobil itu nantinya akan benar-benar dimanfaatkan oleh warga. Sehingga, tidak akan lagi terjadi penyalahgunaan oleh pihak pemerintahan desa.

"Ketimbang yang sekarang, itu mobil kepala desa, sudah saja (jadi mobil kepala desa), dipakai sendiri, kadang dipakai piknik. Warga cemburu, nah banyak komplain ke saya seperti itu. Zaman sekarang (seharusnya) enggak begitulah. Sedang dikonsep (mobilnya)," jelas Emil.

Menurutnya, inovasi itu sebenarnya bukan hal aneh. Sebab, saat ini mobil sudah banyak yang dimodifikasi, mulai dari menjadi toko hingga food truck.

"Itu maksudnya menggabungkan karoseri terhadap kebutuhan ekonomi. Hanya bedanya di desa mah (nanti mobilnya) multifungsi," ucap Emil.

Dua hari lalu, Emil sendiri sudah mengunggah desain Mobil Siaga Desa di akun Instagram @ridwankamil. Ada empat gambar hasil sketsanya, yaitu mobil menjadi panggung, angkutan pertanian, mobil jenazah atau untuk mengangkut orang sakit, dan mobil hiburan yang salah satunya untuk layar tancap.


Foto ilustrasi: kamiborbadon


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler