Ratusan Ribu Siswa di Bandung Ikrarkan Bandung Santun

Bandung - Ratusan ribu siswa di Kota Bandung ikrarkan Bandung Santun di sekolah masing-masing, Kamis (1/11/2018). Ikrar ini dilakukan bersamaan dengan gerakan Satu Hari Belajar Di luar Kelas (Out Classroom Days).

Para siswa dan siswi tersebut berjanji untuk selalu santun dalam berkomunikasi, baik dalam pergaulan sehari-hari maupun dalam media sosial. Mereka juga akan membiasakan diri mengucapkan kata terima kasih atau hatur nuhun, maaf atau punten, dan selamat atau wilujeng.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan menumbuhkan minat dan bakat siswa, agar bisa mengeksplor berbagai hal yang selama ini tidak dapat dilakukan di dalam ruang kelas.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana berharap kegiatan ini dapat menginspirasi dan memperkuat guru-guru untuk memilih model pembelajaran yg kreatif, menyenangkan, dan efektif. "Hal ini dilakukan dalam upaya mengantarkan anak-anak mencapai kompetensi yg diharapkan, khususnya dalam rangka penguatan pendidikan karakter sesuai program Bandung Masagi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima BeritaBaik.

Dengan adanya gerakan ini, Elih berharap anak-anak bisa mengamalkan ikrar Bandung Santun dan melakukannya tanpa paksaan. "Perilaku santun adalah bagian dari pendidikan Karakter Bandung Masagi yang telah ditanamkan sebelumnya," tutur Elih.

Plh. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Evi S. Saleha juga meyakini bahwa pengikraran Bandung Santun mampu meningkatkan karakter yang lebih baik pada anak-anak "Dalam hal ini orang tua juga berperan penting untuk memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya. Sebab anak-anak akan menjadikan contoh dari yang mereka lihat di lingkungan rumah dan tempat tinggalnya," papar Evi.

Evi berharap Dinas Pendidikan dan sekolah bisa terus melanjutkan komitmen ini untuk kedepannya dan seluruh siswa dapat melaksanakan ikrar ini dengan penuh tanggung jawab.


Foto dokumentasi Disdik Kota Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler