Ritual Menjaga Kekompakan ala Timnas HWC 2018

Bandung - Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang akan berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2018 Meksiko pada 13-18 November 2018 terus digembleng agar siap tempur. Di balik latihan keras itu, ternyata ada ritual khusus yang dijalani seluruh anggota tim. Apa ritual mereka?

"Untuk membentuk dan menjaga kekompakan, kita melakukan semuanya bareng, bahkan dari hal-hal kecil," kata pelatih Timnas Indonesia Aulia Rahman kepada BeritaBaik.

Selain latihan, kegiatan seperti makan hingga refreshing selalu dilakukan bersama. Hal itu secara perlahan membuat seluruh anggota tim memiliki kedekatan tersendiri. Harapannya, kedekatan itu akan membuat tim benar-benar kompak saat bertanding.

Sejak dikumpulkan menjadi satu tim yang utuh, para pemain pun tidak pernah dibubarkan. Bahkan, saat diberikan waktu libur, mereka tetap bersama-sama.

"Dari 28 September sampai sekarang mereka enggak pernah bubar. Malah orang-orang Jabar kalau libur juga tetap bareng tim," ucapnya.

Saat libur, pemain asal Jabar, khususnya Kota Bandung, justru menjadi tour guide atau pemandu wisata dadakan. Mereka selalu mengajak para pemain yang berasal dari luar Jabar untuk berwisata di Kota Bandung.

"Jadi kita memang banyak ngabisin waktu bareng-bareng. Itu kesepakatan alami yang terjadi di antara mereka (para pemain)," tutur Aulia.

Selain kebersamaan dalam berbagai hal, Timnas Indonesia juga punya ritual lain. Setiap selesai melakukan aktivitas, ada doa khusus yang dilakukan bersama.

"Kita ada doa kedamaian, doa itu doa universal yang bisa buat agama dan keyakinan apapun," ujar Aulia.

Timnas Indonesia sendiri meyakini bukan hanya hal teknis yang harus dilakukan. Doa juga merupakan bagian wajib yang harus dilakukan dengan harapan setiap langkah berjalan lancar.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler